Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

24 August 2014

Renungan Hari Minggu 24 Agustus 2014

Renungan Hari Minggu 24 Agustus 2014, Rernungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Minggu 24 Agustus 2014


Engkau Adalah Mesias, Putera Allah


Saudara-saudari terkasih, beberapa kali terjadi seorang pemuda dengan mantap mengikuti pelajaran katekumen dan kemudian dibaptis menjadi Katolik. Alasan dia menjadi katolik karena gadis yang akan menikah dengannya adalah Katolik. Si pemuda memerlukan orang lain untuk dia meyakinkan dirinya. Pikirnya, aku akan hidup dengan dia maka aku akan beragama dan menghayatinya sama seperti dia. kalau kami sedang berpesta, teman-teman dia akan datang. Juga kalau kami sakit atau keluarga kami ada yang meninggal akan ada  banyak yang menemani dan memberi perhatian kepada kami. dan anak-anak kami juga akan segereja dengan kami.

Hidup beriman kerapkali membutuhkan dukungan dari pihak atau orang lain. Dalam hidup sehari-hari kita tidak sendiri. Demikian dalam Perayaan Liturgi kita mengalami kemeriahan bersama para sahabat seiman. Ada banyak hal baik dikerjakan dan dirasakan bersama. Tetapi ada waktunya penghayatan iman itu sungguh membutuhkan sikap kita sebagai pribadi, tidak bersama orang lain. Dituntut tanggung jawab kita sebagai pribadi. Kalau kepada kita sekarang ditanya: Siapakah Yesus, kita bisa menjawab secara bersama. tetapi kita juga harus menjawab secara pribadi. Petrus menjawab atas pertanyaan Yesus: Engkau adalah Mesias, Putera Allah yang hidup. Apa jawaban kita secara pribadi?

Walau pada awalnya hanya ikut orang lain atau jawaban bersama, jawaban pribadi kita harus ada juga. Yesus untukku adalah Penyelamatku dan keluargaku, Dia yang membuatku bertobat, Dialah Tuhan yang begitu dekat padaku yang dulu tidak kukenal. Mungkin kita akan kesulitan ketika harus menerangkan siapakah Yesus itu. para murid Yesus, Petrus juga tidak serba mengerti. Seperti Petrus kita perlu belajar terus menerus. Kita tahu bahwa Petrus dan teman-teman berani menjadi martir mewartakan Yesus Guru mereka. Kita bersaksi juga bahwa Yesuslah Tuhan.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon