Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

20 August 2014

Renungan Hari Rabu 20 Agustus 2014

Renungan Hari Rabu 20 Agustus 2014

Renungan Hari Rabu 20 Agustus 2014

Gembala yang Baik


"Oleh sebab gembala-gembala-ku tidak memperhatikan domba-domba-Ku, melainkan mereka itu menggembalakan dirinya sendiri, tetapi domba-dombaku tidak digembalakan" (Yeh 34:8b)
Akhir-akhir ini, seringkali terdengar komentar-komentar, kesan-kesan ataupun curahan hati mengenai kehidupan para imam. Umat mulai membanding-bandingkan kehidupan romo jaman ini dengan romo jaman dulu. Ada yang mengatakan bahwwa romo jaman ini berbeda dengan romo jaman dulu. Romo jaman ini lebih cenderung menyibukan diri dengan bersms-an, telpon-an, ataupun BBM-an. Padahal romo, sebagai gembala haruslah mengenal domba-dombanya dengan baik. Mereka harus saling berelasi satu dengan yang lain. Dengan demikian, sang gembala pun dapat menjalankan tugasnya dengan baik pula yaitu menuntun dan mengarahkan domba-dombanya ke tempat yang subur dan hijau, suatu tempat yang menyediakan makanan dan minuman untuk dinikmati bersama dalam sukacita dan kebahagiaan.

Anggapan-anggapan seperti itu memang seringkali terdengar. Namun patut diketahui bahwa anggapan-anggapan seperti itu belum tentu benar. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Akan tetapi jika memang demikian yang terjadi, kita sebagai umat kristus diajak untuk jangan pernah khawatir akan hal itu. Yehezkiel mengingatkan bahwa memang ada gembala-gembala yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Mereka hanya menggembalakan dirinya sendiri dan seringkali lupa akan domba-dombanya.

Jika hal demikian yang sungguh kita rasakan maka kita jangan pernah berkecil hati. Hendaknya kita sebagai domba-domba yang baik dapat berperang menjadi gembala bagi sesama kita. Gembala yang mampu menuntun kawan-kawan-Nya ke tempat yang dikehendaki oleh Tuhan. Dengan demikian, dibutuhkan keterbukaan hati antar sesama agar dapat berjalan bersama menuju ke tempat yang subur dan hijau itu. Selamat bermenung.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon