07 September 2014

Mengenal Tahun Liturgi Gereja

Tags
Mengenal Tahun Liturgi Gereja, Santo Katolik

Mengenal Tahun Liturgi Gereja


Apa itu Tahun Liturgi Gereja? Tahun Liturgi Gereja merupakan suatu siklus waktu yang secara ritual sakramental dirayakan misteri penyelamatan Kristus. Gereja membagi Tahun Liturgi A, B dan C, berdasarkan Injil Sinopik ( Injil Matius, Markus dan Lukas ).

Jadi Tahun A adalah Injil Matius, Tahun B adalah Injil Markus dan Tahun C Injil Lukas, sedangkan Injil Yohanes dibacakan diantara ketiga tahun berdasarkan misteri iman yang dirayakan. Jadi dalam kurun waktu 3 tahun seluruh Firman Allah yang termuat dalam Kitab Suci ( baik PL dan PB ) dibacakan pada perayaan hari Minggu.

Bagaimana caranya untuk menentukan Tahun A, B dan C? Kita urutkan yang sedang berjalan, misalkan Tahun 2011 adalah Tahun A, Tahun 2012 adalah Tahun B, Tahun 2013 adalah Tahun C dan kembali lagi ke Tahun A, atau perhitungan lain adalah angka tahun kalau habis dibagi tiga adalah Tahun C, kalau sisa satu berarti Tahun A dan sisa dua berarti tahun B. Selain itu pada hari-hari biasa (kecuali hari Minggu) kalender Liturgi pada bacaan pertama membagi menjadi tahun I dan tahun II, tahun ganjil (tahun yang angkanya ganjil) adalah tahun I, tahun genap adalah tahun II.

Baca juga tentang Warna Warna Liturgi Dalam Gereja Katolik, dan Mengenal Peralatan Liturgi,
 

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon