12 September 2014

Renungan Hari Jumat 12 September 2014

Renungan Hari Jumat 12 September 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Jumat 12 September 2014


Tahu Diri


"Aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak" (1Kor 9:27)

Perikop bacaan Injil hari ini merupakan kelanjutan dari bacaan Injil kemarin. Hari ini secara khusus Yesus mengatakan perumpamaan tentang relasi seorang dengan yang lain.
Mari kita bermenung: "Dapatkah orang buta menuntun orang buta?" Pertanyaan ini mengajak kita untuk menengok diri sendiri, untuk tahu diri. Perikop berikutnya: "Barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya". Pernyataan ini pun mengajak kita untuk kembali sekali lagi mengenal diri. Demikian juga perikop berikutnya Luk 6:41-42, mengajak kita sekali lagi untuk mengenal diri.

Saudara-saudari, bacaan Injil hari ini mengajak kita untuk terlebih dahulu mengenali diri sendiri sebelum melakukan sesuatu bagi orang lain. Jika seorang mampu mengenal diri sendiri dengan baik dan benar, niscaya dia juga akan mampu membina hubungan dengan orang lain secara baik dan benar pula. Jika orang tidak mampu mengenal diri, dia hanya akan menjadikan orang lain sebagai objek. Orang lain dilihat melulu dari kacamata pribadi.

Pengenalan akan diri menjadikan hubungan dengan orang lain berlandaskan cinta kasih. Ia tidak akan membawwa orang lain pada jalan yang salah. Ia juga tidak akan merasa lebih tahu, lebih hebat, untuk menyombongkan diri di hadapan orang lain. Ia akan memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu sebelum memperbaiki orang lain. Sebelum melihat kesalahan orang lain, ia akan melihat dan membuang kesalahan pribadi. Saudara-saudari, bagaimana dengan diri kita sekarang? Apakah kita sudah mengenal diri kita lebih dalam? Mari kita kenali diri kita supaya kita memiliki hubungan yang baik dan benar dengan sesama yang berlandaskan cinta kasih. Mari bermenung.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon