24 September 2014

Renungan Hari Jumat 26 September 2014

Renungan Hari Jumat 26 September 2014, Renungan Harian, Santo Katolik Siapakah Aku?

    Mengenal adalah syarat untuk membangun suatu hubungan (relasi). Perjumpaan pertama dapat menjadi momen yang memberikan kesan tertentu terhadap orang lain. Hal tersebut kiranya sesuai dengan ungkapan: "Kesan pertama begitu menyenangkan, selanjutnya terserah Anda". Ungkapan tersebut mau menyatakan bahwwa kesan pertama dalam perjumpaan dapat memberikan pengaruh dalam membangun suatu relasi yang positif atau negatif.

    Kesan pertama dapat membentuk suatu penilaian terhadap orang dan sangat mungkin membekas di dalam benak serta dapat mempengaruhi relasi pada masa yang akan datang. Bacaan Injil hari ini sangat menarik. Yesus memberikan dua pertanyaan kepada para murid yang telah sekian lama mengikuti dan bersama-Nya. Pertanyaan pertama: "Kata orang banyak, siapakah Aku ini? Pertanyaan kedua: "Menurut kamu, siapakah Aku ini? Pertanyaan tersebut kiranya juga ditujukan kepada para murid-Nya di zaman sekarang ini.

    Yesus mengajak segenap umat-Nya untuk belajar mengenal diri-Nya secara lebih mendalam dan utuh. Dengan demikian, hubungan yang positif menjadi sangat mungkin dibangun bersama-Nya . Pepatah yang mengatakan: "Tak kenal maka tak sayang", menunjukkan bahwa ada hubungan antara proses pengenalan dengan relasi yang akan terjalin sesudahnya. Mari bertanya pada diri sendiri, apakah pengenalanku akan Yesus sudah benar dan mendalam serta bagaimanakah sikapku kepada Kristus Sang Penebus dosa dunia yang telah dikaruniakan Allah dalam hidupku.

Lentera Batin 

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon