Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

05 September 2014

Renungan Hari Jumat 5 September 2014

Renungan Hari Jumat 5 September 2014, Renungan harian, Santo Katolik

Renungan Hari Jumat 5 September 2014

Bukan Sekedar Aturan


Siapa yang tidak menghendaki agar hidupnya berubah menjadi lebih baik? Saya yakin, pasti semua akan menjawab ingin berubah dari kebiasaan lama menjadi kebiasaan yang baru yang lebih baik. Bagi orang yang telah mengimani Yesus, ada yang lebih utama dari sekedar aturan dan tata cara yang kaku. Para murid menemukan semangat baru, bagaimana mengalami Allah lewat kehadiran Yesus dan mengungkapkan serta mewujudkan imannya dengan percaya kepada-Nya.

Yesus menyampaikan pesan bahwa murid-murid-Nya tidak terikat pada aturan dan tata cara yang lama dalam hal berpuasa dan berdoa. Yesus memberikan makna baru dalam hal penghayatan iman kepada Allah. Yesus memberi suatu gambaran dalam perumpamaan-Nya yang menyadarkan bahwa bukan aturan dan tata cara yang utama. Dalam hal berpuasa Yesus memberi pelajaran bahwa semangatlah yang perlu diubah dalam menjalin relasi dengan Allah.

Puasa dan doa, mesti dilihat dalam rangka membangun relasi dengan Tuhan. Jadi, mereka berpuasa dan berdoa di manapun dan kapan pun karena tergerak untuk menjalin relasi dengan Tuhan. Bagi murid-murid, ada yang lebihutama dari sekedar aturan dan tata cara yang kaku yaitu semangat menemukan Allah. Bagaimana aku membangun relasiku dengan Tuhan? Apakah aku puas bila sudah berpuasa pada waktu yang ditentukan Gereja, yaitu masa Prapaskah?

Tuhan Yesus, ajarilah aku untuk menemukan Engkau dalam berdoa dan berpuasa. Amin.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon