30 September 2014

Renungan Hari Kamis 2 Oktober 2014

Renungan Hari Kamis 2 Oktober 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Kamis 2 Oktober 2014


Seperti Anak Kecil


    Seorang ayah berkata kepada anaknya yang baru berumur 6 tahun: "Nak, nanti kalau ada tetangga yang datang dan mengajak untuk doa lingkungan, bilang saja ayah tidak ada", "Ayah mau ke mana?" tanya anak itu kepada ayahnya. "Ayah mau nonton bola dulu. Lagi seru pertandingannya. Ok?" "Beres, yah," jawab anak itu dengan semangat. Beberapa menit kemudian Bpk. Stef datang dan bertanya kepada anak itu: "Nak, apakah ayahmu berada di rumah?" Jawab anak itu: "Tidak Om. Ayah mengatakan bahwa ayah tidak di rumah. Ayah mau menonton bola di televisi. Itu, ayah sedang menghidupkan televisi."

    Bacaan Injil hari ini mengundang kita untuk bertanya, "Mengapa harus anak kecil yang dicontohkan oleh Yesus? Bukankah masih ada orang yang pantas menjadi contoh, misalnya: para murid atau orangtua yang hadir di situ?" Seorang anak dilihat sebagai pribadi yang polos, yang mengatakan apa adanya dan yang tidak bersembunyi dibalik kebohongan. Bahkan di akhir bacaan Injil hari ini, dikatakan bahwa anak kecil memiliki malaikat pelindung yang taat kepada Allah.

    Senada dengan bacaan hari ini yaitu tentang malaikat, Gereja hari ini mengajak Umat Allah untuk memperingati Para Malaikat Pelindung yang diutus oleh Allah. Namun hal itu terasa kabur ketika seseorang tidak mau merendahkan diri seperti anak kecil. Kita diajak untuk menjadi seperti anak kecil. Naumn bukan berarti menjadi kekanak-kanakan. Kita diajak untuk bersikap rendah hati, menjadi pribadi yang polos, yang mengatakan apa adanya dan yang tidak bersembunyi dibalik kebohongan. Sekarang mampukah kita bertindak demikian? Selamat bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon