Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

04 September 2014

Renungan Hari Kamis 4 September 2014

Renungan Hari Kamis 4 September 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Kamis 4 September 2014


Ketaatan dalam Iman


Saya pernah membaca tulisan dari seorang Kardinal, Henry Newman. Ia mengatakan: "Iman pada dasarnya adalah penerimaan suatu kebenaran yang tidak bisa diterima nalar; semata=mata dan tanpa syarat atas dasar kesaksian".

Saudaraku, Injil hari ini bicara soal kehidupan nelayan yang juga nebjadi keseharian hidup murid-murid Yesus. Dikisahkan, Simon adalah salah satu pemilik perahu. Di sinilah Yesus mulai mengajar Yesus menyuruh untuk menebarkan jala ke tempat yang lebih dalam. Di sini pula hal yang "tidak masuk akal" terjadi. Anggapan Simon pun mungkin demikian, masak Yesus yang adalah anak tukang kayu mengajari menebarkan jala pada Simon, nelayan yang sudah berpengalaman melaut dan mencari ikan? Situasi kita pun mungkin demikian.

Saudaraku, apa yang dipikirkan Simon saat itu jauh dari kenyataan yang disaksikan. Ikan dalam jumlah yang banyak itui nyaris atau bahkan mengoyakkan jalanya. Dari peristiwa inilah akhirnya Simon mampu melihat siapa dirinya. Perasaan itu menggumuli dirinya, ia menyadari keberdosaannya dan ketidak pantasannya di hadapan Yesus. Akhirnya sampailah ia pada penyerahan diri kepada Allah, yaitu penyerahan tanpa syarat. Panggilan kita pun juga demikian. Kita dipanggil supaya kita taat atas dasar iman. Sikap itu yang mau disampaikan Yesus bagi kita. Apakah saya sudah menyadari ketaatan pada Allah atas dasar iman atau hanya malar saja? Mari bermenung.

Tuhan aku ingin berserah kepada-Mu, apa pun situasiku saat ini. Amin.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon