14 September 2014

Renungan Hari Minggu 14 September 2014

Renungan Hari Minggu 14 September 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Minggu 14 September 2014


Salib Tanda Kemenangan


    Seandainya dulu Tuhan kita Yesus Kristus dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung, apakah Gereja kita memasang patung atau gambar Tuhan yang di gantung? Jika dulu Tuhan kita Yesus Sang Mesias dihukum mati dengan cara leher-Nya dipenggal, bagaimanakah kira-kira patung atau gambar Tuhan kita dipasang di Gereja? Juga bagaimana penghayatan iman tentang peristiwa hukuman tersebut dihidupi serta dirayakan dalam liturgi kita?

    Kenyataannya Tuhan kita mati disalib. Secara singkat dan tegas dapat dikatakan bahwa hukuman mati jenis itu jauh lebih kejam dan sadis dibanding kedua hukuman di atas tersebut. Tuhan kita Yesus harus mengalaminya sekalipun Dia sama sekali tidak bersalah. Mengapa?

    Sebagaimana Yahwe dalam kitab Bilangan menyuruh Musa meninggikan patung ular tedung dan kaum Yahudi di padang gurun yang dipagut ular bila memandang patung ular itu akan diselamatkan. Demikian juga anak manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

    Salib, sebuah kayu penghinaan telah menjadi jalan keselamatan bagi kita manusia karena Putera Allah telah rela mengosongkan diri-Nya, mengambil rupa seorang hamba dan taat sampai wafat diharibaan kayu palang. Tanda hina itu yang menjadi kemenangan dan keselamatan kita.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon