07 September 2014

Renungan Hari Minggu 7 September 2014

Renungan Hari Minggu 7 September 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Evaluasi


Saudara-saudari yang terkasih, evaluasi merupakan saat atau kesempatan kita untuk melihat segala sesuatu yang telah kita kerjakan atau sudah terjadi di waktu lampau. Evaluasi biasanya memberi penilaian apakah sesuatu itu sudah baik kita kerjakan atau belum. Evaluasi menjadi kesempatan untuk menilai diri dan kemudian atas dasar itu kita bergerak untuk maju di waktu kemudian. Ketika kita melihat sesuatu yang baik, kita dengan gembira melanjutkan apa yang sudah baik itu. Ketika kita melihat sesuatu yang belum baik, ada kalanya kita segera atau cenderung menyalahkan orang lain. Kita cepat melihat kekurangan orang lian dan lambat melihat kekurangan diri sendiri. Kita cenderung menyalahkan orang lain, menganggap diri paling benar.

Saudara sekalian, Yesus mengajak kita untuk lebih berintropeksi, melihat secara jujur ke dalam diri sendiri apa yang telah kita buat. Ketika kita jujur akan lebih mudah untuk kita mengoreksi diri, sudah jelas di mana kekurangannya, dan kemudian lebih mudah bagi kita untuk maju. Dengan jujur dan terbuka kita mengevaluasi diri, dengan sukacita pula kita menyongsong hari ke depan. Jalan terasa lebih jelas.

Sebaliknya ketika tidak bisa terbuka apalagi jujur akan kekurangan kita, akan kita alami pula kesulitan untuk maju. Kita tidak bisa sampai pada mengetahui kekurangan atau kelemahan kita, kita tidak bisa mengoreksi diri dan kita tidak tahu pula untuk berpijak demi langkah berikutnya untuk maju.

Maka Yesus mengajak agar kita berani jujur terhadap diri sendiri, bila perlu juga dengan bantuan seorang teman atau beberapa saudara. Alangkah indahnya kita bisa saling mengevaluasi diri sebagai saudara. Bukan untuk menjatuhkan tetapi untuk mendukung, mendorong maju dan saling menguatkan. Apalagi dalam usaha percaya Tuhan hadir ketika kita berkumpul dalam nama-Nya . Tuhan selalu memberi yang terbaik.
Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon