13 September 2014

Renungan Hari Sabtu 13 September 2014

Renungan Hari Sabtu 13 September 2014, Renungan Harian, Santo Katolik Membaca, Merenungkan dan Mewujudkan Sabda Tuhan dalam Perbuatan

        Seseorang dikenal dan dikatakan baik, apabila ia dalam tindakannya tidak pernah merugikan orang lain. Misalnya mematuhi aturan yang disepakati dalam hidup bersama di tengah masyarakat, sehingga tidak mengganggu orang lain. Dengan melakukan perbuatan yang baik di tengah mata masyarakat, seseorang akan dikenal sebagai orang baik begitu juga sebaliknya.

        Ketika seseorang melakukan perbuatan baik, pastilah orang tersebut mempunyai alasan. Dengan alasan itu, diandaikan bahwa orang tersebut mempunyai pengetahuan tentang kebaikan. Dalam hati orang tersebut telah tertanam keutamaan-keutamaan cinta kasih yang diperoleh sejak dalam keluarga.

        Sebagai pengikut Kristus, kita orang-orang Katolik memiliki keutamaan-keutamaan kristiani (iman, harap dan kasih). Kejujuran, kerendahan hati dan kasih sayang merupakan beberapa contoh dari bentuk-bentuk keutamaan kristiani. Semua itu ada dalam Kitab suci. Oleh sebab itu membaca dan merenungkan Sabda Tuhan, merupakan keharusan agar kita memiliki keutamaan-keutamaan kristiani itu.

        Tuhan Yesus dalam bacaan Injil hari ini menegaskan bahwa betapa pentingnya memiliki pengetahuan akan keutamaan-keutamaan kristiani dalam diri kita. Memiliki keutamaan-keutamaan kristiani akan membuat iman kita semakin tangguh. Dengan keutamaan-keutamaan kristiani, kita semakin diarahkan untuk melakukan kebaikan. Sebab Yesus mengatakan, "Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik" (Luk 6:45).

        Mari pada bulan Kitab Suci ini, kita menggali keutamaan-keutamaan kristiani dengan membaca dan merenungkan Sabda Tuhan. Biarlah Sabda Tuhan tinggal dan hidup dalam hati kita. Untuk menyucikan hati kita, sehingga hati melahirkan tindakan yang berkenan bagi Allah.
Lentera Batin 

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon