25 September 2014

Renungan Hari Sabtu 27 September 2014

Renungan Hari Sabtu 27 September 2014, Renungan Harian, Santo Katolik Sedikit Berguna

    Apa reaksi pertama Anda ketika mendapat sebuah tugas berat? Saya yakin jawaban kita sama, yaitu keberatan. Rasa pesimis atau ragu terhadap kemampuan diri untuk menjalankan tugas tersebut menjadi dasar sikap keberatan itu. Mungkin saja tugas yang diberikan kepada kita itu berguna bagi  banyak orang. Alangkah sayangnya jika kita menolak tugas mulia itu.

    Ketika pembaharuan janji baptis, berbagai pertanyaan diajukan kepada kita. Apa inti pertanyaan-pertanyaan tersebut? Intinya adalah kesiapsediaan kita untuk beriman kepada Allah dan bersaksi sebagai umat-Nya dengan keteladanan hidup kita.

    Yesus pada hari ini memberikan teladan yang patut dicontoh. Pemberitahuan kepada para murid tentang penderitaan-Nya menunjukkan sikap taat kepada rencana Allah. Yesus menerima tugas itu demi keselamatan semua manusia. Dia mengajar kita untuk menerima rencana Allah dan menjadi alat bagi rencana-Nya. Bagaimana dengan kita? Sudahkah saya menjadi sedikit berguna untuk sesama saya? Sudahkah saya memenuhi janji baptis saya?

    Sebuah cerita ini bisa menjadi bahan permenungan. Arman heran melihat tingkah lakuRasyid. Setiap hari Rasyid membersihkan selokan di depan gerbang sekolah. Arman memandang perbuatan Rasyid itu sebagai perbuatan bodoh. Mengapa? Pikir Arman, "Bukankah Rasyid sudah rapih dan bersih? Pastilah kegiatan bodohnya itu mengotori pakaiannya!" Suatu hari, Rasyid tidak pergi sekolah. Ketika hebdak pulang, tiba-tiba hujan turan deras. Karena itu, Arman berteduh di pos satpam dekat gerbang sekolah. Ia melihat jalanan di dekat gerbang sekolah digenangi air. Air itu berasal dari selokan yang tersumbat. Selokan itulah yang setiap hari dibersihkan oleh Rasyid. Arman baru menyadari alasan Rasyid membersihkan selokan itu.

Tuhan, bantulah kami untuk merelakan diri menjadi sedikit berguna bagi sesama kami. Amin.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon