06 September 2014

Renungan Hari Sabtu 6 September 2014

Renungan Hari Sabtu 6 September 2014  , Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Sabtu 6 September 2014  


Bekerja dengan Cinta


Saudara-saudari yang terkasih, orang Farisi adalah orang yang paling taat pada ajaran Taurat. Bagi mereka, dengan menjalankan perintah Taurat, akan menghantarkan mereka masuk ke dalam kerajaan surga. Berhadapan dengan orang-orang yang melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran Taurat, mereka akan langsung menolak mereka. Melihat murid-murid Yesus yang memetik gandum pada hari Sabat, mereka mempertanyakan perihal tentang pekerjaan itu. Hal inin mereka lakukan karena menurut aturan dalam hukum Taurat, pada hari Sabat orang dilarang untuk melakukan pekerjaan yang memeras keringat. Untuk menjawab pertanyaan itu Yesus mengutarakan mengenai kisah Daud dalam Perjanjian Lama. Jawaban yang diberikan oleh Yesus ini menunjukkan bahwa Yesus adalah Mesias yang diutus Allah dan kuasa-Nya lebih tinggi daripada hukum Taurat dan hari Sabat.

Saudara-saudari terkasih, dalam hidup sehari-hari bersama orang lain mungkin kita menjumpai banyak orang seperti orang Farisiini. Mereka memandang dan menjalankan suatu perbuatan hanya karena aturan dan tanpa disertai dengan rasa cinta akan pekerjaan itu. Aturan atau hukum diciptakan agar manusia semmakin tertib. Manusia yang berkuasa untuk menjalankan aturan itu, bukan aturan itu yang menguasai manusia.

Saudara-saudari terkasih, melalui bacaan Injil hari ini Yesus mengajarkan kepada kita untuk senantiasa setia kepada-Nya bukan karena aturan yang ada, namun karena cinta kita kepada Yesus. Hal ini dapat kita tunjukkan melalui pekerjaan-pekerjaan dan tugas yang kita lakukan setiap hari. Apabila kita dapat menyelesaikan pekerjaan itu hendaknya kita jangan berlaku sombong, melainkan tetap bersikap rendah hati.

Tuhan, ajarilah aku untuk selalu setia kepada-Mu. Amin.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon