15 September 2014

Renungan Hari Selasa 16 September 2014

Renungan Hari Selasa 16 September 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Selasa 16 September 2014


Kasih kepada Sesama


    Siapa yang tidak sedih bila ditinggal pergi oleh orang yang dikasihi dan mengasihi? Bayangkan seorang janda ditinggal pergi oleh anak laki-laki satu-satunya untuk selamanya. Ia ditinggal ooleh anak yang menjadi harapan dan alasan mengapa ia bertahan hidup. Syukurlah ada Yesus. Yesus mengerti benar kebutuhan dan kerinduannya yang terdalam. Yesus mampu membangkitkan orang mai.

    Banyak orang yang mudah merasa kasihan, tetapi sedikit yang memiliki kasih bagi sesamanya. banyak orang menolong sesamanya karena kasihan, bukan karena kasih. Dua kata yang sangat mirip, namun memiliki arti dan makna yang berbeda. Menolong karena kasihan dapat diartikan suatu sikap yang menjadikan penderitaan atau sengsara yang dialami seseorang sebagai alasan untuk menolong. Sedangkan menolong karena kasih bdapat diartikan sebagai bentuk cinta yang diberikan kepada sesama bukan karena belas kasihan atau mengharapkan sesuatu, namun suatu sikap saling menolong yang didasari oleh ketulusan hati.

    Dalam bacaan Injil hari ini, sikap yang ditunjukkan oleh Yesus adalah bentuk kasih-Nya kepada sesama yang menderita, kasih kepada umat-Nya. Yesus mengajarkan kepada para murid dan kita semua untuk melakukan perbuatan baik, atas dasar kasih bukan hanya sekedar kasihan. Perbuatan yang dilakukan oleh Yesus adalah perbuatan Allah sendiri, Allah menyelamatkan manusia bukan hanya karena kasihan, melainkan karena kasih.

    Hidup persekutuan kita dengan jemaat akan terasa indah bila didasari dan disemangati dengan kasih, kasih seperti yang dimiliki oleh Yesus sendiri. Perbuatan baik yang didasari oleh kasih, akan mendatangkan kemuliaan Allah. Sedangkan perbuatan baik  karena kasihan, hanya akan mendatangkan kemuliaan bagi diri sendiri. Menolong dengan kasih hampir sama dengan menolong dengan kasihan, namun mana yang lebih kita pilih , menolong sesama sesama karena kasih atau kasihan,

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon