02 September 2014

Renungan Hari Selasa 2 September 2014

Renungan Hari Selasa 2 September 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Selasa 2 September 2014


Taat pada Kuasa-Nya


Kebanyakan orang mengakui bahwa setan itu identik dengan roh jahat, terkutuk, pengganggu, patut ditolak (dalam janji baptis) yang melawan Tuhan. Saya sendiri mengakui itu.

Injil hari ini menggambarkan bahwa setan takluk tanpa syarat pada perintah perkataan Tuhan Yang Penuh Kuasa. Setan sadar, tahu dan mengakui bahwa Tuhan lebih berkuasa daripada dirinya sehingga saat Tuhan memerintah, setan tak kuasa melawan. Saya adalah manusia yang dipandang Allah sebagai yang sangat amat baik adanya, tetapi justru menjadi yang terkadang merasa lebih berkuasa daripada-Nya atas diri sendiri, sehingga perintah-Nya diabaikan bahkan dilanggar.

Perintah Tuhan sangat jelas tertulis di Kitab Suci. Kitab Suci adalah perkataan Tuhan sendiri (Dei Verbum no. 12). Sudahkah kita hidup seturut perkataan-Nya yang tertulis di dalam keseluruhan Kitab Suci? Atau jangan-jangan kita sendiri masih malas bahkan anti membacanya, sehingga tak pernah mengenal apa yang Tuhan kehendaki pada diri kita.

Bila kita belum pernah mau serius membaca keseluruhan Kitab Suci dengan iman, maka mari kita mulai membacanya sedikit demi sedikit, memahaminya serta menghidupi perintah dan perkataan Tuhan Yang Penuh Kuasa yang tertulis di dalamnya. Hingga akhirnya, kita dapat membiarkan Tuhan berkuasa atas diri kita sehingga jangan sampai hidup ini dihidupi sikap yang jauh lebih jahat daripada setan.

Di saat seseorang tidak melakukan yang Allah kehendaki, saat itu ia bahkan lebih jahat daripada setan yang paling jahat karena setan yang sadar akan dibinasakan saja tahu untuk taat kepada Siapa Yang Berkuasa, seharusnya manusia yang masih mempunyai kesempatan untuk hidup berbahagia dengan Allah lebih taat lagi!


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon