21 September 2014

Renungan Hari Selasa 23 September 2014

Renungan Hari Selasa 23 September 2014, Renungan Harian, Santo Katolik Mendengarkan dan melaksanakan Firman

    Ketika saya belajar di seminari menengah, pertanyaan yang muncul wwaktu itu adalah, Yesus kan putra tunggal, mengapa dalam Injil dikatakan ibu dan saudara-saudara Yesus ingin menjumpai Dia? Berarti Yesus punya adik atau kakak donk?

    Lalu seorang romo menjelaskan demikian tentang "saudara" itu. Sebagai contoh kita mempunyai kakak atau adik kandung atau ada hubungan darah itu dinamakan dalam bahasa Latin saudara genitus. Sedangkan jika ada hubungan dekat antara kita dengan orang lain yang tidak ada hubungan darah, dinamakan saudara partus.

    Saudaraku, yang dimaksud dalam Injil hari ini adalah saudara partus atau tidak ada hubungan darah. Dalam bacaan Injil hari ini, kunjungan mereka memberi kesempatan bagi Yesus untuk menekankan kepada murid-murid-Nya bahwa hubungan mendasar dengan Dia tidak didasarkan pada hubungan darah (genitus) atau hubungan duniawi lainnya.

    Melalui sabda "mendengarkan", Yesus ingin memberi teladan bagi kita untuk menangkap pesan secara pribadi, dan akhirnya sampai pada pelaksanaan firman-Nya dalam hidup harian kita. "Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya" (Luk 8:21). Lalu menjadi permenungan bagi kita, sudahkah saya menjadi saudara atau ibu Yesus yang mendengarkan dan melakukan firman Allah?

Tuhan, ajarilah aku mendengarkan dan melakukan firman-Mu dengan tekun. Amin.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon