09 September 2014

Renungan Hari Selasa 9 September 2014

Renungan Hari Selasa 9 September 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Selasa 9 September 2014



Memilih yang Baik


Dalam dinamika kehidupan sehari-hari, seringkali kita mengalami situasi yang mendesak untuk segera mengambil keputusan. Dalam situasi seperti ini, terkadang kita merasa bingung, apakah harus berkata ya atau tidak. Terkadang kita merasa tidak yakin dengan keputusan yang kita buat. Seringkali kita terlalu banyak menimbang-numbang tanpa dasar yang cukup kuat sehingga akhirnya keputusan yang dihasilkan menjadi tidak objektif.

Dalam bacaan Injil hari ini, ada dua hal yang dilakukan oleh Yesus. Hal yang pertama adalah Yesus memanggil kedua belas rasul dan yang kedua, Yesus mengajar dan menyembuhkan banyak orang. Dalam hal yang pertama kita dapat melihat sebuah proses saat yesus memilih kedua belas rasul. Memilih kedua belas rasul bukanlah hal yang mudah bagi Yesus jika dilihat dari sudut pandang kemanusiawian-Nya. Dalam mengambil sebuah keputusan itu harus tepat karena di atas pundak para rasullah karya keselamatan Yesus diteruskan dan diwartakan kepada segala bangsa. Dalam situasi seperti ini Yesus tidakbingung atau gelisah. Melainkan Ia tetap tenang dan menyerahkan segala sesuatunya kepada kehendak Bapa. Ia pergi ke bukit dan berdoa. Doa menjadi pegangan bagi Yesus dalam mengambil sebuah keputusan. Dengan demikian Yesus pun memiliki keyakinan yang kuat untuk memilih.

Kisah dalam Injil hari ini sungguh sangat menarik dan inspiratif bagi kita. Kita dapat belajar dari Yesus, bagaimana cara untuk menentukan sebuah keputusan yang tepat dan benar. Salah satu cara oitu ialah dengan berdoa. Dengan berdoa kita mengikutsertakan Tuhan dalam menentukan keputusan. Dengan demikian kita akan mendapatkan keputusan yang terbaik.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon