08 September 2014

Renungan Hari Senin 8 September 2014

Renungan Hari Senin 8 September 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Senin 8 September 2014


Bunda Maria, Bunda Keselamatan Segala Bangsa


Gereja Katolik memberikan tempat spesial kepada Bunda Maria. Hari ini Gereja universal merayakan pesta kelahirannya dalam liturgi yang meriah untuk memberikan penghormatan khusus kepadanya. Gereja juga menetapkan Bulan Mei dan Bulan Oktober sebagai Bulan yang memberikan penghormatan khusus kepada Santa Perawan Maria.

Maria adalah perawan suci, saleh, sederhana dan dipilih Allah untuk melaksanakan tugas terhormat sebagai Bunda Putera-Nya. Umat beriman pun mempunyai hubungan yang dekat dengan Bunda Maria melalui olah kesalehan dalam doa atau devosi kepada Sang Perawan. Sebagai Buda Yesus, Dia sangat dekat dengan puteranya dan menjadi perantara doa bagi seluruh umat yang beriman kepada-Nya.

Karya pelayanan Mari berawal ketika ia menerima kabar gembira dari malaikat Gabriel, yang berkata kepada Maria bahwa dia akan mengandung dari Roh Kudus dan akan melahirkan seorang putra yang bernama Yesus. Kendati Maria tidak mengerti akan kabar yang diwartakan oleh malaikat Gabriel, namun karena imannya Maria menjawab "YA" bagi tugas yang akan diembannya dengan berkata: "Terjadilah padaku menurut perkataan-Mu" (Luk 1:38).

Bunda Maria merupakan teladan iman bagi Gereja dan seluruh umat Allah yang beriman kepada Kristus. Ia mendapat tugas yang begitu mulia dan dengan rendah hati telah berkenan menerima atau melaksanakan kehendak-Nya. Meskipun mungkin ada keraguan, ketakutan maupun kebingungan, namun Ia tetap berkata "YA". Mencontoh Bunda Maria Sang Teladan Iman Sejati, Gereja mengajak seluruh umat beriman agar tidak pernah takut dan ragu untuk menerima dan melaksanakan kehendak Allah dalam doa maupun dalam seluruh peziarahan hidup menuju keselamatan (kebahagiaan) sejati.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon