30 October 2014

Renungan Hari Jumat 31 Oktober 2014

Renungan Hari Jumat 31 Oktober 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Jumat 31 Oktober 2014


Waktu bagi Tuhan


    Tuhan memberi cukup banyak waktu bagi manusia. Namun terkadang waktu yang diberikan terasa kurang dan manusia sulit membagi waktu baik untuk dirinya sendiri, sesama dan terutama Tuhan. Hingga pada akhirnya manusia lupa akan Tuhan yang telah memberi waktu. Waktu adalah anugerah Tuhan oleh sebab itu manusia diminta untuk bijak dalam menggunakan waktu.

    Injil hari ini berbicara tentang hari Sabat. Menurut kebiasaan Yahudi, hari Sabat adalah hari yang dikhususkan untuk Tuhan. Tidak seorang pun di antara mereka yang diperkenankan melakukan pekerjaan-pekerjaan sehari-hari. Mereka harus mengkhususkan hari untuk memuji dan melayani Tuhan. Mereka mempersembahkan segala usaha dan jerih payah yang telah mereka lakukan selama enam hari.

    Kehadiran Yesus di tengah-tengah mereka memberi warna baru. Yesus membuka pikiran mereka akan makna hari Sabat. Hari Sabat adalah hari bagi Tuhan namun bukan berarti bahwa mereka harus melupakan orang-orang yang berada di sekitar mereka. Hari Sabat bukan sebagai alasan untuk berhenti menolong orang lain. Sesama adalah wujud nyata Tuhan di sekitar kita. Dengan menolong ataupun membantu sesama, kita turut serta dalam karya keselamatan Allah. Hal yang terpenting bagi Allah adalah keselamatan umat manusia. Mari bermenung bersama, maukah kita mengorbankan waktu kita bagi Tuhan dan sesama kita. Selamat bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon