23 October 2014

Renungan Hari Sabtu 25 Oktober 2014

Renungan Hari Sabtu 25 Oktober 2014, Renungan Harian, Santo Katolik Peluang Pertobatan

    Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering menyangka akibat ulah mereka sendiri orang terkena musibah/ bencana.Bahkan yang lebih parahnya lagi itu disebabkan oleh dosa mereka.

    Saudara-saudariku yang terkasih, Injil hari ini berbicara tentang hal yang demikian. Beberapaorang datang kepada Yesus membawa kabar tentang orang-orang Galilea yang darahnya dicampurkan Pilatus dengan darah koraban persembahan. Yesus pun mengetahui sangkaan orang-orang tersebut dan dengan tegas menjawab: "Sangkamu orang-orang Galilea ini lebih besar dosanya sehingga mengalami nasib itu? Jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian (Luk 13:2)."

    Saudara-saudariku, dengan peristiwa itu pun sebenarnya kita diajak merenungkan hidup kita. Sudahkah kita memandang peristiwa yang dialami saudara kita yang mengalami musibah sebagai peluang pertobatan hidup kita?

    Sama halnya dengan perumpamaan pohon ara yang tidak berbuah. Sudahseharusnya pohon itu menghasilkan buah. Jika tidak,akan mengalami konsekuensi yang sama yaitu ditebang.

    Hidup kita pun semestinya menghasilkan buah-buah kebaikan. Sebagaimana pohon ara diberi kesempatan untuk hidup, tanah sekelilingnya dicangkul, dipupuk, hendaknya kita mampu menangkappeluang pertobatan dalam setiap kesempatan hidup kita. Itulah yang dikehendaki Tuhan agar semua mengalami keselamatan, yaitu pertobatan yang nyata.

Tuhan, semoga aku mampu menangkap peluang pertobatan itu, agar mengalami keselamatan-Mu. Amin.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon