12 October 2014

Renungan Hari Selasa 14 Oktober 2014

Renungan Hari Selasa 14 Oktober 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Selasa 14 Oktober 2014


Penampilan Apa Adanya


    Pernah saya mendengar cerita dari keluarga saya bahwa ada seorang penipu masuk di rumahnya. Pakaiannya rapi, baju putih bersih dan berdasi. Ternyata, setelah diintrogasi orang tersebut adalh penipu dan penjahat. Begitulah penampilan para penjahat dewasa ini. Mereka, dengan penampilannya yang rapi atau dengan hal-hal yang kelihatan mengecoh orang lain. Seperti inilah mereka orang-orang Farisi yang merasa dirinya paling benar dan melecehkan orang-orang berdosa, kecil dan miskin. Mereka lebih mementingkan yang kelihatan ketimbang yang tersembunyi dalam hati.

    Terkadang, tidak sedikit orang menekankan penampilan sebagai gaya hidup yang kelihatan dan cenderung menekankan keselamatan tubuh daripada jiwa. Misalnya, dalam dunia pendidikan masa kini, kita lebih menekankan kepandaian/ otak daripada budi pekerti/ hati. Sebagai orang beriman yang telah dibaptis dan dihidupi oleh Roh Kudus, kita senantiasa manantikan dan mengutamakan keselamatan jiwa kita.

    Dalam hidup sehari-hari, bekerja dan tugas peyanan kita, di manapun dan kapanpun, kita lebih mengusahakan pembinaan dan pendalaman budi pekerti agar memperoleh keselamatan dan kebahagiaan sejati yang dijanjikan oleh Allah sendiri.

Ya Tuhan, ajarilah aku untuk tampil apa adanya dan semoga senantiasa mengutamakan hidup yang menyelamatkan jiwaku. Amin.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon