19 October 2014

Renungan Hari Selasa 21 Oktober 2014

Renungan Hari Selasa 21 Oktober 2014, Renungan Harian, Santo Katolik Berjaga-jaga

    Jika kita jauh dari Kristus, berarti kita tidak percaya dan tidak beriman kepada-Nya, tidak bersatu dengan-Nya. Paulus memaparkan hal ini dengan sungguh tegas: Kristus menjadi dasar,batu penjuru. Kristus adalah pokok keselamatan menuju Rumah Bapa; yang percaya kepada-Nya akan bersatu dengan-Nya. Saudara-saudari yang terkasih, Paulus dalam bacaan pertama hari ini memaparkan bahwa yang beriman, yang percaya akan dipersatukan dalam Kristus. Kristus tidak lagi jauh, tidak dikenal, dan asing. Kristus menjadi dekat, ada damai sejahtera, dan dalam Roh yang sama memperoleh jalan masuk kepada Bapa, bahkan menjadi anggota keluarga Allah (Ef 2:12-22).

    Saudara-saudari, dewasa ini, penghayatan akan iman dan kepercayaan semakin banyak godaan. Banyak orang kemudian terbuai dengan kebahagiaan semu, damai yang samar-samar, dan seolah sudah menemukan sukacita sejati melalui perkara duniawi: harta, benda, dan kuasa. Banyak orang sudah merasa puas dengan baptis, Katolik KTP, menjadi anggota lingkungan atau stasi. Orang sudah bangga saat keberadaannya diakui. Dengan demikian orang yakin bahwa sudah dipersatukan dengan Kristus. Orang justru kemudian lupabahwa semua ini belum cukup, tanpa perbuatan yang mencerminkan iman. Oleh karena demikian rumit situasi itu, bacaan Injil hari ini mengingatkan kita akan pentingnya kewaspadaan. Waspada merupakan satu bentuk memelihara iman kepercayaan.

    Dalam kewaspadaan kita diajak untuk bertindak. Dia yang empunya hidup sejati akan memberikan kebahagiaan, damai dan sukacita sejati jika kita sedang dalam kewaspadaan pada saat Dia datang. Hingga akhirnya, kita bersatu dengan-Nya dalam Kristus dalam Rumah-Nya. Mari bermenung.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon