25 October 2014

Renungan Hari Senin 27 Oktober 2014

Renungan Hari Senin 27 Oktober 2014, Renungan Harian, Santo Katolik Peraturan untuk Keselamatan Jiwa

    Suatu kali saat pelajaran liturgi seorang frater bertanya kepada dosen tentang hari sabat dan dosen menjelaskan secara biblis, "Hari Sabat adalah hari yang disucikan atau dipersembahkan secara khusus kepada Tuhan" jelas sang dosen.

    Kiranya, pada hari Sabat persembahan tidak hanya secara liturgis atau formal, melainkan pertama-tama dan terutama terwujud dalam tindakan. Peraturan dalam rangka mengisi hari suci dibuat oleh menusia. Tujuan utamanya adalah demi keselamatan manusia dan kemuliaan Allah, "janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang  demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka" (Ef 5:6), demikian peringatan Paulus. Tulisan atau kata-kata dalam peraturan menjadi hampa jika tidak dipahami dengan cinta kasih atau demi keselamatan jiwa umat manusia.

    Cinta kasih atau keselamatan jiwa umat manusia harus menjiwai segala peraturan yang ada. Maka ketika sesama kita memerlukan bantuan dari kita yang menuntut cinta kasih atau keselamatan jiwa hendaknya harus dibantu, harus segera dilayani meskipun tampak melanggar peraturan yang ada. Peraturan haruslah demi menusia dan keselamatan jiwanya, bukan menusia demi peraturan.

Tuhan, ajarilah dan dampingilah aku agar dalam hidup dan pelayanan, aku senantiasa mengusahakan keselamat jiwa sesama maupun diriku sendiri. Amin.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon