Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

04 October 2014

Renungan Hari Senin 6 Oktober 2014

Renungan Hari Senin 6 Oktober 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Senin 6 Oktober 2014


Siapakah Sesamaku Manusia?


    Pepatah mengatakan, "Malu bertanya sesat di jalan", sudah tidak asing lagi lagi. Pepatah itu kian akrab di telinga banyak orang. Ketika seseorang ingin menggunakan jasa angkutan kota (angkot), misalnya, tentu harus bertanya terlebih dahulu tujuan angkot tersebut. Jika hal itu diabaikan, bisa-bisa orang itu menyimpang dari tujuan yang hendak dicapai. Begitu juga ketika seseorang berada di daerah yang baru dan belum mengenal wilayah yang dituju, bertanya adalah tindakan yang tepat untuk terhindar dari kesesatan.

    Bertanya bukan manandakan kebodohan seseorang. Bertanya mengungkapkan keingintahuan seseorang atas hal yang ditanyakannya. Seseorang yang ingin menambah pengetahuannya dengan memberi pertanyaan. Tentu pertanyaan itu ditujukan kepada orang yang diyakini memberikan jawaban yang tepat. Hari ini seorang ahli Taurat melemparkan pertanyaan kepada Yesus. Pertanyaan itu seputar pengajaran tentang hidup kekal. Yesus kembali menekankan pengajaran-Nya tentang cinta kasih. Pengajaran ini kemudian dilanjutkan dengan cerita tentang orang Samaria yang baik hati. Ia mau menolong orang lain tanpa menanyakan latar belakang sang korban terlebih dahulu. Itulah yang  dimaksud dengan sesama manusia yaitu mewujudkan cinta kasih tanpa memandang latar belakang seseorang.

    Saudara-saudari yang terkasih, sering kali kita memilih-milih orang yang pantas menjadi teman, sahabat bahkan tetangga kita. Banyak kriteria yang dibuat, seperti: warna kulit, golongan pekerjaan, suku dan lain sebagainya. Namun hari ini Yesus mengajak kita mewujudkan cinta kasih kepada semua orang. Dengan demikian kita mewujudkan arti dari sesama manusia yang dimaksud oleh Yesus sendiri.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon