Doa Litani Para Kudus

Doa Litani Para Kudus, Santo Katolik Litani adalah sebuah bentuk doa dalam agama Kristen yang dipakai dalam kebaktian atau misa di gereja dan terdiri dari beberapa ulangan. Kata ini berasal dari bahasa Latin litania yang pada gilirannya diambil dari bahasa Yunani λιτη lite. Artinya secara harafiah adalah doa atau permohonan.

Doa Seruan & Tanggapan

Doa litani, mempunyai rumusan yang berpola yaitu seruan & tanggapan. Dalam litani Para Kudus, pada bagian seruan adalah penyebutan nama-nama Santo-Santa (=Orang Kudus) yang urutan nama-nama yang disebutkan sudah ditentukan, dan terpilih dari khasanah Gereja. Berturut-turut, seruan kepada Yang Ilahi (Tuhan Allah), lalu seruan kepada Maria, Bunda Yesus dan Malaikat, yang direpresentasikan oleh para Malaikat Agung (Arch Angel) yaitu Michael, Gabriel, Rafael; lalu disusul seruan kepada para Bapa Bangsa dan Nabi, lalu seruan pada rasul dan murid Tuhan, lalu pada para martir, uskup dan pujangga Gereja, lalu pada imam, biarawan/wati, lalu pada tokoh santo yang berasal dari kaum awam.

Karena nama-nama santo-santa yang disebut dalam rumusan baku litani ini adalah daftar yang short listed, maka mungkin saja nama santo/santa pelindung orang/pihak yang mendoakan tidak tersebut dalam rumusan litani yang baku, maka dapat ditambahkan nama santo/santa yang menjadi pelindung yang mendoakan, atau yang ingin didoakan. Sebagai tanggapan, umat menjawab, "doakanlah kami" pada setiap kali penyebutan nama santo-santa dalam litani ini.

Lihat Teks Doa Litani


0 Response to "Doa Litani Para Kudus"

Post a Comment

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak

Subscribe Us