09 December 2014

Renungan Hari Jumat 12 Desember 2014

Renungan Hari Jumat !2 Desember 2014, Renungan Harian, Santo Katolik Renungan Hari Jumat !2 Desember 2014

Perbuatan Baik Adalah Wujud Nyata Dari Iman Kita

    Menjadi orang baik itu susah. Meski sudah menjalani panggilan sebagai calon imam selama 9 setengah tahun, saya masih berjuang untuk menjadi orang baik. Di saat saya berjuang untuk mendapatkan nilai yang baik dalam perkuliahan, saya tidak bisa rekreasi dengan baik bersama teman-teman. Saat saya berjuang untuk mengembangkan hidup doa yang baik, ada yang bilang, "tumben". Saat saya berjuang untuk bekerja di kebun dengan baik, intensitas latihan musik saya menjadi berkurang. Yah, kalau dipikir-pikir selalu ada ketimbangan di sana-sini. Mungkin dari antara kita pernah merasakan hal yang sama. Entah itu dalam relasi kerja, dalam keluarga atau juga dalam studi.

    Terkadang tanggapan orang-orang yang jelek saat kita berbuat kebaikan dapat melemahkan semangat kita. Seorang yang berjiwa besar seperti Ibu Teresa dari Kalkuta saja sampai pernah melewati malam-malam gelap, dan pernah dihadapkan pada ketidaksanggupan diri untuk mewartakan Kabar Gembira. Dari peristiwa tersebut, Yesus melakukan kecaman keras kepada orang-orang yang tidak juga sadar diri. Matius 11:18-19 menampakkan kebodohan kepada orang yang bebal hati, yang menganggap Yohanes sebagai orang yang kerasukan setan dan Yesus sebagai pelahap dan peminum.

    Meski berat, pilihan satu-satunya adalah tetap berbuat baik. Usaha kita untuk berbuat baik merupakan nilai yang patut dihargai, daripada tidak mengusahakan yang terbaik dalam hidup kita. Tidak apa-apa begitu tanggapan miris saat kita berbuat baik, karena kenyataannya kita bukanlah seperti yang mereka katakan. Tindakan kita yang baik, adalah wujud penghayatan kita sebagai umat yang beriman.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon