Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

31 December 2014

Renungan Hari Jumat 2 Januari 2015

Renungan Hari Jumat 2 Januari 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Jumat 2 Januari 2015


Bukan Aku


    Pada saat kita berjumpa dengan orang yang belum kita kenal tentu ada perasaan ingin tahu tentang "siapa dia?" Alasan keingintahuan setiap orang berbeda-beda. Mengetahui identitas seseorang tentu akan mempermudah proses komunikasi. Namun lebih dari itu, kita akan menjadi tahu "siapa dia?", keseluruhan dirinya.

    Injil hari ini berbicara tentang kesaksian Yohanes Pembaptis akan kedatangan Yesus Kristus. Yohanes menjalankan pola hidup yang keras: hidup di padang gurun, makanannya belalang dan minumnya mady hutan. Banyak orang tertarik kepadanya bukan karena pola hidupnya yang keras tetapi karena pewartaannya. Yohanes ialah nabi yang menyuarakan pertobatan, "Bertobatlah dan berilah dirimu  dibaptis sebab Kerajaan Allah sudah dekat." Pewartaan Yohanes Pembaptis ini menimbulkan tanda tanya bagi orang-orang yang berada di sekitarnya.

    Orang-orang Yahudi mengutus para imam Lewi untuk mencari tahu tentang Yohanes. Mereka mengira bahwa Yohanes adalah nabi yang mereka nanti-nantikan. Kepada mereka Yohanes memberi kesaksian: "Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun; luruskanlah jalan Tuhan" (Yoh 1:23). Di sini terlihat jelas bahwa Yohanes tidak mau menonjolkan siapa dirinya, namun ia mau menampakkan Yesus Sang Mesias yang akan datang menyelamatkan umat manusia.

    Lewat Injil hari ini kita semua diajak untuk mewartakan Yesus kepada sesama. Maukah saya menampakkan Yesus yang kuikuti? Atau maukah saya mengakui diri sebagai pengikut Yesus Kristus. Selamat bermenung.
 

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon