18 December 2014

Renungan Hari Minggu 21 Desember 2014

Renungan Hari Minggu 21 Desember 2014, Renungan Harian, Santo Katolik Renungan Hari Minggu 21 Desember 2014

"Ya": Ketaatan Maria kepada Allah

    Dalam bacaan pertama hari ini, dikisahkan tentang pengagungan bait Allah oleh bangsa Israel, yang diwakili oleh raja Daud. Daud akan membangun bait Allah. Bait Allah merupakan pusat peribadatan bangsa pilihan itu. Akan tetapi, melalui nubuat nabi Natan, justru Allah akan memilih sendiri di mana Dia harus berdiam. BukanlahAllah berkuasa akan hal itu? Allah berjanji kepada Daud (2Sam 7:11-16). Ia akan memberikan keturunan yang akan menjadi raja, meneruskan tahta Daud untuk selama-lamanya. Janji itu adalah bukti cinta Allah kepada bangsa Israel. Kepada Anak keturunan yang akan datang itu cinta Allah takkan berkesudahan. Bagi Paulus hal ini adalah wujud cinta Allah kepada umat-Nya. Cinta Allah yang maha besar itu yang menjadi alasan mengapa Paulus mengagungkan dan memuliakan Dia (Rm 16:25-27).

    Dalam Injil hari ini dikisahkan penyampaian warta gembira oleh malaikat kepada Maria (Luk 1:26-38). Allah yang adalah Roh berkuasa menentukan di mana Ia ingin berdiam. Ternyata Allah memilih Maria untuk menjadi "tempat" berdiam-Nya, "kenisah Roh Kudus". Setelah mendengarkan penjelasan dari malaikat, Maria menjawab "ya". Jawaban "ya" Maria atas kabar malaikat adalah wujud kesanggupan dan ketaatannya kepada Allah untuk menjadi ibu Tuhan.

    Jawaban Bunda Maria hendaknya juga menjadi jawaban setiap orangtua kepada Allah. Allah telah mempercayakan kepada para orangtua untuk mengandung , merawat dan mendidik anak-anak. Pada zaman yang serba canggih ini tidak mudah para orangtua mendidik dan mengarahkan anak-anak yang dipercayakan oleh Tuhan kepada mereka. Orangtua perlu memberikan perhatian ektra dalam mendidik anak-anak, lebih-lebih pertumbuhan iman anak. Pesat dan kompleksnya pengaruh dunia di zaman global ini juga menjadi tantangan bagi para orangtua dalam mendidik anak. Mari kita berdoa mohon rahmat dari Allah bagi para orangtua supaya Allah menguatkan mereka.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon