25 December 2014

Renungan Hari Minggu 28 Desember 2014

Renungan Hari Minggu 28 Desember 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Minggu 28 Desember 2014


Keluarga??


    Ada sebuah soundtrack sebuah film yang bunyinya, "Harta yang paling berharga adalah keluarga ...". Dalam soundtrack film itu tersirat sebuah makna: keluarga adalah segala-galanya. Berhubungan dengan itu, sebuah pertanyaan diajukan kepada kita, "Apa itu keluarga?" Apa jawaban kita? Ada yang menjawab bahwa keluarga adalah sebuah tempat yang nyaman, di dalamnya dapat ditemukan kegembiraan, tempat untuk berbagi cerita dan saling menguatkan. Namun, ada juga jawaban lain: keluarga adalah tempat saya dimarahi Bapak, tempat Ibu dan Bapak bertengkar, tempat yang tidak ingin saya tinggali. Kita bermenun, "Mengapa ada dua jawaban yang berbeda?" Mari kita renungkan bacaan-bacaan pada hari ini.

    Gereja merayakan pesta keluarga kudus. Mengapa? Gereja memandang keluarga sebagai gereja kecil. Dalam keluargalah iman pertama-tama disemaikan, tumbuh dan semakin mengakar kuat dalam diri anggotanya. Keluarga Kudus adalah model yang harus dicontoh oleh semua keluarga kristiani. Yosef dan Maria telah memberi dasar yang utama dan penting dalam hidup Yesus, yaitu iman kepada Allah dengan memenuhi segala tuntutan Hukum-Nya. Maka, karena hidup keberimanan mereka itulah Yesus "tumbuh besar, menjadi kuat, penuh rahmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya". Kitab Kejadian dan Surat kepada Orang Ibrani memberikan keluarga teladan dalam Perjanjian Lama, yaitu Abraham dan Sara. Ketaatan dan iman mereka membuahkan kebahagiaan yang mereka dambakan, yaitu kelahiran Ishak. Abraham dan Sara telah mewariskan harta utama bagi Ishak dan keturunannya, yaitu iman kepada Allah. Iman mendatangkan berkat bagi setiap keluarga.

    Kita bisa bertanya pada diri, "Bagaimankah suasana keluarga kita?" Tempat untuk saling menguatkan atau tempat yang ingin dijauhi? Jangan-jangan dasar kita bukan iman pada Allah tetapi iman pada keinginan kita masing-masing. Keluarga atau harta? Keluarha atau jabatan? Keluarga atau yang lainnya? Selamat bermenung dan mengubah diri.

in

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon