Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

04 December 2014

Renungan Hari Minggu 7 Desember 2014

Renungan Hari Minggu 7 Desember 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Minggu 7 Desember 2014


Pembuka Jalan bagi Kedatangan-Nya


    "Akan ada kunjungan bupati ke kampung kita. Maka kita akan bergotong-royong bersama membersihkan jalan pada hari Minggu depan. Sesudah itu, kita juga mesti memasang umbul-umbul. Ini adalah tanda penghormatan kita kepada pejabat yang akan datang itu." Itulah petikan singkat pemberitahuan seorang ketua RT kepada keluarga-keluarga di lingkungannya. Kala itu, ketika saya masih duduk dibangku SD, hal demikian sudah lumrah, sudah biasa. Orang-orang kampung akan bersih-bersih dan bersiap-siap sebagai tanda penghormatan kepada pejabat yang akan berkunjung ke kampung. Hanya,  pada sekarang ini kebiasaan semacam itu sudah mulai berkurang.

    Bacaan-bacaan pada Minggu Adven II berkisah tentang warta kedatangan Mesias, Sang Juruselamat. Penginjil mengisahkan tampilnya Yohanes (Mrk 1:1-8). Tampilnya Yohanes pembaptis ini sudah dinubuatkan oleh nabi Yesaya (Yes 40:3). Yohanes pembaptis adalah utusan Allah. Ia menyampaikan warta keselamatan dari Allah. Ia berperan sebagai orang yang mempersiapkan jalan bagi kedatangan Tuhan. Yohanes pembaptisan menyerukan pertobatan dan perlunya pembaptisan supaya orang mengalami keselamatan. Ia juga menyampaikan kepada khalayak bahwa akan datang Dia yang lebih berkuasa daripada dirinya sendiri dan yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Kata-kata Yohanes pembaptis ini menunjukkan sikapnya yang rendah hati dalam mewarta.

    Sebagai orang yang beriman kepada Mesias marilah kita menjadi pembuka jalan bagi kedatangan Sang Mesias. Kita menjadi pembuka harapan akan datangnya langit dan bumi yang baru (bdk. 2Ptr 3:8-14). Harapan setiap orang  tentulah dunia baru, dimana bumi dipenuhi dengan kebaikan dan kebahagiaan. Ketika kita hidup saling pengertian terhadap orang lain dan tidak eksklusif, ketika itulah kita memberikan pengharapan kepada sesama kita. Dan, kita menjadi pembuka jalan bagi kedatangan-Nya di hati setiap orang.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon