14 December 2014

Renungan Hari Rabu 17 Desember 2014

Renungan Hari Rabu 17 Desember 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Rabu 17 Desember 2014


Hidup Semakin Berbuah


    Dalam sebuah kursus pengolahan hidup di Seminari Tinggi, pernah seorang dosen memberikan ulasan tentang genogram yaitu pewarisan gen dalam silsilah keluarga. Para frater diajak untuk mengenali diri melalui silsilah keluarga. Yang dapat dilihat di situ misalnya sisi positif atau pun negatif dari pendahulu: kakek, nenek atau dengan orang tua.

    Materi ini  menjadi sarana untuk mengevaluasi diri dan keluarga. Ini sangatlah membantu untuk melihat dan mengetahui kekuatan dan kelemahan.

    Saudaraku, Injil hari ini membicarakan tentang silsilah Yesus Kristus yang ditempatkan oleh Matius dalam konteks sejarah umat manusia, hingga lahir sebagai manusia dan menjadi kepenuhan janji Allah.

    Kalau kita membaca Injil tersebut, memang cukup panjang rentetan silsilah hingga kelahiran-Nya. Dalam Kej 49:10, kepada Dia bangsa akan takluk. "Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda". Dalam masa Adven ini, Tuhan Yesus Kristus yang kelahiran-Nya kita nantikan, mau mengajak kita untuk merenungkan bagaimana persiapan diri kita agar layak menyambut-Nya. Sudahkah kita mempersiapkan hati agar kedatangan-Nya dalam hati dan keluarga kita sungguh dapat kita rasakan?

    Semoga dengan ini kita merenungakan dan melihat hal positif sebagai kekuatan dari kehadiran kita dalam keluarga. KIta dapatbelajar untuk melihat diri kita untuk melangkah lebih baik. Kita dapat memetik sesuatu yang lebih baik agar hidup kita semakin berbuah seturut dengan kehendak Allah. Mari bermenung.

Allah yang baik, terima kasih atas janji-Mu yang Kau penuhi dalam diri Putera-Mu Yesus Kristus. Semoga kehadiran-Nya yang saat ini kami nantikan akhirnya Ia sungguh tinggal dalam hati dan keluargaku. Amin.
 

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon