Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

21 December 2014

Renungan Hari Rabu 24 Desember 2014

Renungan Hari Rabu 24 Desember 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Rabu 24 Desember 2014


Kepekaan Pengalaman


    Sebuah pepatah Tiongkok berkata, "Bila mata tidak terhambat orang jadi melihat, bila telinga tidak terhambat orang jadi mendengar dan bila hati tidak terhambat orang jadi percaya, bijaksana, dan damai." Orang dapat menjadi percaya jika mampu memadukan ketiga hal tadi antara mata, telinga dan hati untuk menanggapi cinta Allah. Cinta Allah sesungguhnya sudah hadir dalam peristiwa-peristiwa hidup yang kita alami. Maka sebenarnya manusia butuh aestetic experience (kepekaan pengalaman). Misalnya, seindah apapun bunga, tetapi jika orang tidak punya kepekaan pengalaman maka pastilah orang tersebut akan mengatakan bahwa bunga itu tidak indah. Kepekaan pengalaman berusahaa menuntun orang menjadi percaya bahwa setiap kekaguman yang kita alami seperti halnya keindahan dan kebaikan berasal dari Allah. Allah ada di balik semua keindahan dan kebaikan itu.

    Dua orang pemuda sedang dudk di sebuah bangku taman, tiba-tiba muncullah pelangi. Pemuda pertama langsung mengarahkan pandangannya ke pelangi itu: "Wow, alangkah indahnya ciptaan Tuhan yang dilimpahkan di bumi ini. Betapa indah perpaduan warna-warna itu, ada merah, kuning, dan hijau yang menjadi satu untuk menghiasi angkasa." "Berapa warna yang kau lihat saudaraku?" tanya pemuda pertama kepada pemuda kedua. Jawabnya: "Aku tidak melihat apa-apa selain goresan-gorsan yang tidak jelas."

    Bapak, ibu dan saudara-saudari terkasih, Injil hari ini berkisah tentang Zakharia yang memuliakan Tuhan sebab ia telah dapat berbicara. Zakharian adalah model orang yang tidak memiliki kepekaan pengalaman ketika berjumpa dengan malaikat. Maka, telinga, dan hatinya seakan-akan telah terhambat oleh sesuatu. Mari kita menimba rahmat dari Allah untuk memiliki kepekaan pengalaman agar kita percaya pada penyelenggaraan Allah di dalam hidup kita.

Tuhan, ajarilah aku berbuat seturut kehendak-Mu. Amin.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon