03 December 2014

Renungan Hari Sabtu 6 Desember 2014

Renungan Hari Sabtu 6 Desember 2014, Renungan Harian, Santo Katolik Renungan Hari Sabtu 6 Desember 2014

Membagi sukacita

    Apa tujuan hidup orang Kristen? Atau, kemana orang Kristen membawa seluruh hidupnya? Pada Injil hari ini Yesus memberi jawabannya. Namun sebelum mendengar apa jawaban yesus, pertama-tama orang Kristen harus menyadari bahwa tujuan atau arah hidupnya merupakan milik atau hak Allah. Allah bebas mengarahkan tujuan hidup orang Kristen seturut kehendak-Nya. Nah, apa jawaban Yesus terhadap dua pertanyaan pembuka tadi?

    Jawaban Yesus sungguh menarik. Ia mengajarkan kepada setiap pengikut-Nya bahwa tujuan hidup orang Kristen selalu selaras dengan rencana Allah. Rencana Allah itu terwujud dalam sebuah panggilan untuk melaksanakan sebuah tugas luhur. Panggilan itu diarahkan kepada setiap orang Kristen sesuai dengan kemampuan dan profesinya, baik sebagai seorang imam, suster, frater, bruder, guru, pengusaha, karyawan, pedagang, murid, petani, dan lainnya. Panggilan itu harus ditanggapi oleh sebuah jawaban, "ya" atau "tidak". Setiap jawaban mempunyai "upahnya" sendiri. Namun, jika direnungkan lebih dalam lagi, mengapa ada tugas luhur itu?

    Orang Kristen dipanggil untuk mewartakan Kerajaan Allah yang telah diterimanya. Kabar Gembira itu harus dibagikan kepada semua orang tanpa memandang aneka perbedaan. Lalu, bagaimana caranya? Hidupilah profesi kita masing-masing dan maksimalkan kemampuan yang kita miliki. Ingatlah, kita sebagai orang Kristen telah menerima sukacita besar karena Allah hadir dan menyatu dalam seluruh diri dan hidup kita.

    Membagi sukacita kepada semua orang berarti ikut serta dalam rencana Allah. Sukacita itu kita bagikan dalam hidup keseharian kita, baik ketika bekerja, berkumpul bersama keluarga, bercanda, atau kegiatan lainnya. Sukacita yang kita wartakan itu akan membuahkan harapan baru bagi mereka yang menerimanya. Dan, tuaian yang banyak itu dituai juga oleh penuai yang banyak.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon