Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

13 December 2014

Renungan Hari Selasa 16 Desember 2014

Renungan Hari Selasa 16 Desember 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Selasa 16 Desember 2014


Setiap Orang Berharga


    Pada hari ini, Yesus memberikan suatu perumpamaan tentang dua orang anak yang dimintai tolong oleh bapaknya. Yang satu menjawab "ya" dan yang lain menjawab "tidak". Tetapi anak yang menjawab "ya" tidk melakukan perintah itu, sebaliknya anak yang menjawab "tidak" kemudian menyesal dan melaksanakannya. Yesus melukiskan para imam kepala dan tua-tua Yahudi seperti anak yang menjwab "ya". Mereka hanya banyak bicara, tetapi mereka tidak melakukan yang baik dalam hidup mereka dan kepada orang lain. Apa yang mereka katakan itu adalah nol.

    Yesus mengutarakan itu bukan tanpa alasan. Ia melihat bahwa dalam diri orang-orang berdosa, seperti pemungut cukai dan perempuan sundal, ada gerakan pertobatan. Saat Yesus mewartakan Kerajaan Allah, mereka mau mendengarkan, bahkan bertobat dari kelakuan mereka yang jahat. Sedangkan imam kepala dan tua-tua Yahudi tidak percaya dan bahkan melawan pewartaan itu. Mereka menganggapdiri hebat dan tak perlu nasihat dari orang lain. Bahkan mereka menganggap diri lebih hebat dan pantas daripada pemungut cukai dan perempuan sundal. Tapi bagi Yesus, orang berdosa yang bertobat itu jauh lebih berharga.

    Kadang kita memandang orang dengan sebelah mata, meremehkan dan merendahkan orang. Kadang kita menganggap diri lebih tinggi dari yang lain, ada yang menganggap orang lain lebih rendah. Tapi Yesus hari ini mengajari kita untuk tidak merendahkan orang lain.

    Kita tidak tahu penilaian Tuhan terhadap kita. Kita hanya bisa berserah. Tapi yang perlu kita ingat bahwa kita harus senantiasa menghargai orang lain. Saat kita menghargai orang lain, kita juga menghargai Tuhan yang ada dalam diri setiap manusia.

Tuhan, semoga aku memandang orang lain lebih berharga daripada diriku sendiri. Amin.


3 komentar

orang yg merasa lebih dari orang lain adalah; bibit - bibit kesombongan, sedangkan orang yg merasa lebih rendah dari orang lain adalah bibit dari orang yang baik hati dan suka introspeksi diri sikap seperti inilah yang akan menjadi orang yang sukses buat dirinya dan orang lain.

Tuhan jadikan Aku orang yg selalu menerima kelebihan serta kekurangan orang lain.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon