28 December 2014

Renungan Hari Selasa 30 Desember 2014

Renungan Hari Selasa 30 Desember 2014, Renungan Harian, Santo Katolik Renungan Hari Selasa 30 Desember 2014

Rencana-Nya

    Suatu hari saya pernah bertanya kepada seorang Romo, "Romo, apa dan bagaiman pasrah itu?" Lalu jawab Romo itu, "Pasrah itu berarti menerima segalanya, Hidup, itulah pasrah. Dengan hidup, kita membiarkan Tuhan berkarya. Mungkin kamu belum tahu apa itu, tapi suatu saat kamu akan tahu. Tuhan yang akan menunjukkannya kepadamu."

   
    Dari percakapan sederhana itu, saya merefleksikan bahwa saya hidup di dunia ini karena kehendak Tuhan. Dia yang membuat saya ada. Begitu juga dengan para pembaca dan sesama kita. Tuhan menciptakan kita bukan  tanpa tujuan. Dia pasti mempunyai rencana yang istimewa untuk kita. Mungkin kita sekarang tidak tahu untuk apa kita hidup. Percayalah, suatu saat kita akan tahu tujuan kita hidup. Tuhan sendiri yang akan menunjukkannya kepada kita. Satu hal yang perlu kita lakukan adalah yakin bahwa rencana-Nya itu indah bagi kita, asal kita mau berserah pada kehendak-Nya.

    Injil hari ini berkisah tentang seorang tokoh yang dapat dijadikan model dalam berpasrah, yaitu Hana. Ia membaktikan seluruh hidupnya di Bait Allah. Dengan berpuasa dan berdoa, Hana menunggu pemenuhan janji Allah, yaitu kedatangan Sang Mesias. Dalam penantiannya itu, ia menaruh kepercayaan penuh pada janji Allah. Ia yakin dan pasrah pada rencana-Nya. Pada akhirnya, ketika waktunya tiba, hna dapat melihat Sang Mesias yang dijanjikan Allah.

    Hidup adalah suatu anugerah dari Tuhan. Tuhan mempunyai rencana yang indah bagi kita. Mari bermenung!

Tuhan, ajarilah aku berpasrah, supaya bukan kehendakkulah yang terjadi, melainkan kehendak-Mu. Amin.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon