06 December 2014

Renungan Hari Selasa 9 Desember 2014

Renungan Hari Selasa 9 Desember 2014, Renungan Harian, Santo Katolik Renungan Hari Selasa 9 Desember 2014

Mencari Yang Hilang

    Domba merupakan lambang yang sering digunakan dalam Kitab Suci. Dalam mencari makan atau minum, domba selalu mengharapkan tuntunan seorang gembala. Domba merupakan lambang dari manusia. Domba yang sesat atau hilang adalah lambang dari manusia yang berdosa, sedangkan domba yang taat atau tidak sesat, adalah lambang dari manusia yang bertobat atau percaya pada Allah.

    Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin atau seringkali kita membiarkan satu hilang dan tetap mempertahankan yang lebih banyak. Contoh sederhana, kita memilki 10 buah mangga dan dalam perjalanan jatuh satu. Mungkin saja, kita akan membiarkanyang hilang dan tetap menjaga yang 9. Namun, ada nilai yang terkandung dalam perumpamaan yang diberikan oleh Yesus dalam Injil hari ini, yaitu tanggung jawab. Yesus sebagai Sang Gembala, tidak membiarkan satu ekorpun hilang. Ia tetap mencari yang hilang. Menjadi suatu kegembiraan besar bila mendapatkan yang hilang meskipun hanya satu. Yesus berusaha mencari dan menemukan yang hilang.

    Sikap penuh tanggung jawab yang dicontohkan oleh Yesus sudah sepatutnya kita contoh dan jalankan dalam kehidupan sehari-hari. Tanggung jawab akan mendatangkan kepercayaan jika mau menjalankan. Bagaimana dengan kita?Apakah kita mau menjadi domba sesat? Atau kita mau menjadi domba yang setia dan membantu gembala untuk saling manjaga dalam satu kawanan, sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing supaya tidak ada yang hilang?

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon