Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

05 December 2014

Renungan Hari Senin 8 Desember 2014

Renungan Hari Senin 8 Desember 2014, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Senin 8 Desember 2014


Maria Teladan Hidup Suci


    Pada tanggal 8 Desember 1854, Paus Pius IX mengumumkan Dogma Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda (Ineffabilis Deus), yang menyatakan bahwa Bunda Maria dikandung tanpa noda asal. Alasan pertama Bunda Maria dikandung tanpa noda berhubungan dengan peran istimewanya sebagai ibu Tuhan Yesus (LG 66).

    Kesucian Maria berhubungan langsung baik dengan keperawanannya maupun dengan keibuannya. Maka dalam Gereja menjadi lazim untuk menyebut Bunda Allah suci seutuhnya dan tidak terkena oleh cemar dosa manapun juga, bagaikan makhluk yang diciptakan dan dibentuk oleh Roh Kudus (LG 56). Iman akan karya Allah membuatnya suci xecara total. Sejak dikandungan ibunya Maria sudah menjadi "kekasih Allah".

    Devosi atau kebaktian kepada Maria yang paling pokok adalah doa "Salam Maria". Kebiasaan mendoakan doa Salam Maria sudah berkembang berabad-abad dan semakin pesat sejak abad ke-6. Belajar dari teladan penyerahan diri Maria kepada Allah tanpa ada kebimbangan, kita dituntut secara istimewa menghidupi penyerahan diri tersebut. Agar melalui teladan Maria, kita memiliki contoh menjadi sahabat atau anak-anak Allah yang sejati.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon