Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

18 January 2015

Renungan Hari Rabu 21 Januari 2015

Renungan Hari Rabu 21 Januari 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Rabu 21 Januari 2015


Memilih yang Terbaik 


    Tema Injil Hari ini adalah Yesus yang menyembuhkan pada hari Sabat. Dalam tradisi Yahudi, hari Sabat merupakan hari yang sakral. Mereka menimaninya sebagai hari Tuhan. Mereka tidak boleh melakukan kegiatan harian karena pada hari Sabat, Tuhan beristirahat setelah menciptakan dunia. Jika melanggar, mereka akan dihukum. Orang-orang Farisi dan orang-orang Herodian bersekongkong dengan menggunakan tradisi Sabat untuk mempersalahkan Yesus. Namun, Yesus telah menyadari hal itu. Ia dengan penuh kuasa dan keberanian mendekati dan menyembuhkan orang yang lumpuh sebelah kanannya.

    Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita pernah mengalami peristiwa atau situasi seperti yang dialami oleh Yesus. Dalam situasi itu seringkali kita mengalami kesulitan. Apakah dilakukan atau tidak? Jika dilakukan maka kita akan mendapat konsekuensinya tetapi jika tidak dilakukan maka kita akan merasa berdosa karena tidak menolong orang itu. Setiap saat kita selalu dihadapkan pada situasi untuk memilih.  Yang menjadi bagian tersulit dan membingungkan bagi kita adalah bagaimana kita menentukan pilihan yang tepat. Agar mampu mendapatkan pilihan yang tepat, kita dapat belajar dari Yesus, yaitu bahwa dalam memilih, kita terlebih dahulu mengerti mana yang harus diutamakan atau diprioritaskan. Dengan demikian, kita akan mendapatkan pilihan yang terbaik. Apakah yang diutamakan itu adalah kepentingan bersama atau pribadi. Dalam hal ini Yesus telah memilih yang terbaik meskipun Ia harus menanggung konsekuensinya.

    Hari ini Gereja Universal memperingati St. Agnes seorang perawan dan martir. Kita juga dapat belajar dari dia bagaiman cara untuk menjadi martir Tuhan, martir yang berpegang pada pilihan yang utama yaitu siap berkorban demi kemuliaan Tuhan dan kepentingan bersama. Selamat  bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon