16 January 2015

Renungan Hari Senin 19 Januari 2015

Renungan Hari Senin 19 Januari 2015, Renungan Harian, Santo Katolik Renungan Hari Senin 19 Januari 2015

Anggur Baru Kristus

    Metamorfosis merupakan perubahan bentuk dari bentuk lama ke yang baru. Seekor kupu-kupu mengalami metamorfosis,  dari awalnyakepompong akan menjadi kupu-kupu. Kupu-kupu menerima proses itu sebagai proses hidup yang baru yang harus dilewatinya. Ia bersyukur kepada penciptanya dengan cara menerima keadaan diri dan semua proses kehidupan yang terjadi dalam hidupnya.

    Bacaan Injil hari ini mengingatkan kita bahwa masih banyak orang yang mengaku beragama, tetapi hidup dalam mentalitas Farisi, yakni sekedar memberikan kain yang belum susut pada baju yang tua atau mengisi anggur pada kantong kulit tua. Artinya, mereka hanya terpaku dan terkesan kolot terlebih tidak mau menerima perubahan yang ada dalam diri dan lingkungnya. Dan mungkin juga kita termasuk dalam bagian dari Injil hari ini yang seringkali sulit untuk menerima perubahan atau peristiwa yang bertentangan dengan keinginan kita. Kita tetap berpegang teguh pada kemauan dan keegoisan diri.

    Melalui bacaan Injil hari ini, Yesus mengajak kita untuk menyimpan anggur dalam kantong yang baru pula, artinya terbuka pada orang lain dan menggunakan cara baru untuk berelasi dengan Allah dan orang lain yang berada di luar diri kita. hal ini dapat kita lakukan dengan menerima orang lain yang berbeda pandangan dan pendapat dengan kita baik di tempat kerja, masyarakat dan lingkungan tempat kita berada.

Ya Tuhan, ajarilah aku untuk rendah hati dan mau menerima orang lain sebagai saudara. Amin.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon