16 February 2015

Renungan Hari Jumat 20 Februari 2015

Renungan Hari Jumat 20 Februari 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Jumat 20 Februari 2015

Menahan Diri

    "Selamatkan bumi kita", slogan ini sering muncul di dalam surat kabar maupun majalah-majalah yang beredar. Pesannya ingin mengajak orang untuk merawat dan manjaga bumi. Sebab, bumi ini sudah mengalami kerusakan parah di antaranya pencemaran udara, kelangkaan air bersih, menipisnya lapisan ozon, dll. Kerusakan itu terjadi akibat manusia kurang peduli terhadap alam, manusia seolah menjadi tuan atas alam sehingga kesannya ingin menguasai seluruh alam.

    Saudara-saudari, apa yang bisa kita perbuat untuk menyelamatkan bumi? Ada berbagai cara, dari Injil hari ini, saya menawarkan untuk berpuasa yakni tindakan untuk menahan diri, yang saya maksudkan bukanlah menahan diri dari rasa lapar maupun haus, akan tetapi tindakan menahan diri misalnya: memakai kendaraan secukupnya untuk mengurangi polusi udara, tidak menggunakan kantong plastik yang sulit terurai dalam tanah, tidak membuang sampah di sungai, dll. Kita berjuang untuk menahan diri untuk tidak mencemari atau pun merusak alam.
    Pepatah Indian kuno pernah berkata, "Jika pohon terakhir telah ditebang dan sungaiterakhir sudah mengering maka uang yang banyak sekalipun tidak bisa dimakan." Pepatah ini mengajak manusia untuk menghargai alam, sebab manusia membutuhkan alam untuk kelangsungan hidup mereka.

    Saudara-saudari terkasih, mari kita semua berpuasa. Kita menahan diri dari sikap kita yang kurang peduli terhadap lingkungan hidup kita dan menahan diri dari sikap acuh tak acuh terhadap alam. Mari manjga dan merawat alam sekitar kita dengan menahan diri untuk tidak mencemari dan memperparah kerusakan alam. Hal tersebut kita upayakan demi genersai-generasi kita yang akan datang. Kita mohon berkat Allah untuk tindakan tersebut.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon