28 February 2015

Renungan Hari Minggu 1 Maret 2015

Renungan Hari Minggu 1 Maret 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Minggu 1 Maret 2015

Janji Kemuliaan

    Suatu pertanyaan besar seringkali muncul, 'apa sebenarnya janji Kristus kepada orang beriman?' tak lain adalah kemuliaan surgawi yang oleh Santo Paulus dikemukakan, 'penderitaan zaman ini belum sebanding dengan kemuliaan yang dijanjikan oleh Allah kepada kita'. Kiranya Yesus sungguh sadar akan pertanyaan dasar dalam diri para murid-Nya ini. MakaDia mengajak ketiga muris-Nya menuju gunung Tabor. Di sanalah Yesus menampakkan kemuliaan Allah yang mampu membuat ketiga murid-Nya mengalami sukacita yang luar biasa.

    Sumberkabahagiaan para murid adalah kehadiran Allah dalam kemuliaan yang tiada tara. Itulah janji kepada orang beriman, bahwa kita pun akan beroelh kebahagiaan yang kekal bila tinggal bersama dengan Yesus dalam kesatuan dengan Bapa di surga.

    Perjalanan untuk beroleh kemuliaan bukanlah sesuatu yang mudah. Putera manusiaharus disesah, didera dan disalbkan untuk menebus dosa seluruh umat manusia. Perjalan salib yang sangat mengerikan. Dan semua dengan penuh kasih diterima oleh Yesus sebagai bagian yang tak terhindarkan untuk menghadirkan kemuliaan Allah bagi manusia. Maka pantas bahwa Allah Bapa menyebut-Nya, "Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia." Yesus rela menderita demi kemuliaan semua umat yang dikasihi-Nya.

    Masa Prapaskah, sungguh masa bagi kita untuk merenungkan kembali, jalan-jalan kemuliaan yang dijanjikan kepada kita harus dilalui dengan salib Kristus. Bagaimana dengan kita, apakah kita mau mendengarkan Yesus, yang berartijuga mengikuti jalan salib-Nya?

Yesus yang lemah lembut dan murah hati, ajarilah kami mendengarkan sabda-Mu dan mengikuti jalan salib-Mu demi kemuliaan Allah Bapa. Amin.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon