28 February 2015

Renungan Hari Senin 2 Maret 2015

Renungan Hari Senin 2 Maret 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Senin 2 Maret 2015


Bermurah Hatilah Seperti Bapa


    Dalam Injil hari ini Yesus mengajak kita sebagai anak-anak Bapa untuk bersikap murah hati: "Hendaklah kamu bermurah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati". Menjadi permenungan bagi kita: Mengapa Yesus menghendaki kita untuk bermurah hati seperti Bapa? Sebenarnya kemurahan hati seperti apa yang dimiliki Bapa sehingga kita diajak untuk berbuat demikian? Untuk menjawab pertanyaan ini bukanlah hal yang mudah.

    Kemurahan hati yang dikehendaki oleh Yesus dapat kita temukan, ketahui dan kenali dalam pengalaman hidup sehari-hari. Dalam pengalaman hidup harian, Bapa telah memberikan kesehatan, rejeki dan kemudahan dalam menjalani hidup yang penuh dengan perjuangan ini. Namun seringkali kita tidak menyadari bahwa itu semua berasal dari kemurahan hati Bapa. Karena sudah terbiasa maka hal itu pun menjadi terasa biasa-biasa saja dan tak bermakna. padahal jika sungguh-sungguh disadari hal itu merupakan sesuatu yang sungguh sangat luar biasa. Karena sering tidak menyadari  hal itu maka kita juga pun sering lupa untuk mensyukuri bahwa setiap nafas yang keluar dari hidupkita yang kecil itu adalah sungguh dari kemurahan hati Bapa.

    Menjadi permenungan  selanjutnya bagi kita adalah: Sebenarnya apa yang dikehendaki oleh Yesus dengan menyatakan hal itu kepada kita? Yesus berharap agar kita sebagai anak-anak Bapa menyadari bahwa hidup yang kita miliki adalah sebuah anugerah yang berasal dari kemurahan hati Bapa sendiri. Kita diajak untuk berpartisipasi secara aktif bukan pasif menjadi perpanjangan kemurahan hati Bapa. Ia telah memberikan kemurahan hati-Nya yang kudus kepada kita secara cuma-cuma. Bagaimana dengan kita, beranikah kita untuk bersikap murah hati kepada sesama kita? Selamat bermenung!


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon