15 March 2015

Renungan Hari Kamis 19 Maret 2015

Renungan Hari Kamis 19 Maret 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Kamis 19 Maret 2015


Rencana Tuhan Itu Indah


    Saudara-saudari yang terkasih, hari ini kita merayakan Hari Raya Santo Yusuf. Kisah Santo Yusuf tidak banyak diceritakan dalam Kitab Suci. Ketulusan budinya ditampakan dalam sikap dan tindakan terhadap Bunda Maria. Ketika tahu tunangannya mengandung, ia menyimpulkan bahwa Bunda Maria tidak setia. Tetapi ia tidak mau membuat tunangannya jadi buah bibir orang. Ia bermaksud diam-diam meninggalkannya. Karena sikap yang dimilikinya, Santo Yusuf digunakan oleh Allah untuk mengambil peran dalam rencana penyelamatan-Nya, Yusuf mendapat kepastian bahwa Tuhanlah yang turun tangan dalam kehamilan tunangannya.

    Saudara-saudari yang terkasih, bacaan-bacaan pada hari ini menceritakan mengenai rencana penyelamatan Allah pada manusia. Rencana itu telah dimulai dalam Perjanjian Lama dan memperoleh kepenuhannya dalam Perjanjian Baru dalam diri Yesus. Allah menggunakan orang-orang yang baik untuk memulai rencana penyelamatan-Nya itu. Salah satunya adalah Santo Yusuf. Santo Yusuf dipilih karena setia kepada Allah. Ia tidak banyak berkata-kata, namun lebih banyak bertindak dalam hidup.

    Saudara-saudari yang terkasih, hari ini kita diajak untuk menyadari diri sebagai utusan Allah yang berperan untuk menyampaikan keselamatan-Nya di dunia tempat kita hidup. Sadar akan status kita ini marilah kita mau mewartakan karya keselamatan Allah itu melalui tugas dan profesi kita dalam hidup sehari-hari.

Ya Bapa, ajarilah aku untuk berani menjadi saksi-Mu dalam hidupku. Amin.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon