Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

11 March 2015

Renungan Hari Minggu 15 Maret 2015

Renungan Hari Minggu 15 Maret 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Minggu 15 Maret 2015


Hidup Dalam Terang


    "Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan daripada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat." Ungkapan Yesus ini mengemukakan apa peran Yesus dan bagaimana sikap atau tanggapan kita terhadap kehadiran-Nya di tengah-tengah kita. Yesus adalah tanda kasih karunia Allah yang mau menyelamatkan kita, "begitu besar kasih Allah akan dunia ini". Allah sungguh mengasihi kita dan melalui Yesus, jalan keselamatan itu dibuka dan disediakan kepada kita. Kebahagiaan hidup bersama dengan Allah dalam kemuliaan, yang hilang karena dosa, dibuka kembali karena kesetiaan Kristus bahkan samapi rela mengorbankan diri di atas kayu salib. Seperti Musa sampai rela meninggikan ular di padang gurun, demikian pula Anak Manusia ditinggikan di atas kayu salib, agar yang memandang dan beriman kepada-Nya beroleh keselamatan.

    Yesus menegaskan bahwa kehadiran-Nya bukan untuk menghakimi, tetapi untuk menyelamatkan seluruh manusia. Dia memberikan Diri sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup. Dan panggilan hidup kita yang pertama dan utama aadalah beriman kepada-Nya. Dalam iman akan Dia, Allah menjadikan kebahagiaan kekal. Refleksi kita adalah apakah kita sungguh menanggapi kasih karunia Allah ini atau malah mengabaikan?

    Masa Prapaskah yang telah kita jalani selama beberapa minggu ini mengajak kita untuk sungguh meneliti hidup kita sebagai orang beriman, sejauhmana kita memandang salib Kristus sebagai sumber keselamatan; sejauhmana kita membiarkan hidup kita dituntun oleh Terang dan meninggalkan kegelapan dosa; hidup sebagai manusiabaru yakni hidup dalam kasih karunia Allah!

Yesus yang lemah lembut dan murah hati, ajarilah kami hidup dalam terang sabda-Mu sehingga kasih karunia Allah sungguh tumbuh dalam hidup kami. Amin.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon