10 March 2015

Renungan Hari Sabtu 14 Maret 2015

Renungan Hari Sabtu 14 Maret 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Sabtu 14 Maret 2015


Semua Belas Kasih-Nya


    Ada sebuah pertanyaan menarik yang saya temukan dari sebuah buku: menurut Anda, keselamatan itu sebuah hak yang karena usaha Anda sendiri maka Anda berhak menerimanya atau sebuah belas kasih yang Allah berikan? Dengan prtanyaan ini, mari kita bermenung.

    Saudara-saudari yang terkasih, jawaban atas pertanyaan di atas akan sangat memperngaruhi sikap seseorang. Pertama, bila orang menganggap keselamatan merupakan  sebuah hak semata-mata maka bukan tidak mungkin ia akan bersikap seperti orang Farisi yang pada Injil hari ini disindir oleh Tuhan. Ketika orang merasa berhak atas apapun juga termasuk keselamatan, orang akan cenderung tidk lagi memohon belas kasih. Karena apa? ya, karena orang merasa keselamatan adalah haknya oleh karena jasanya sendiri, merasa kebaikan atau kesuciannya atau amalnya sudah cukup "membeli" keselamataan. Hati-hati dengan "kesombongan suci" semacam ini.

    Kedua, bila orang menganggap keselamatan sebagai sebuah belas kasih dari Tuhan maka orang itu tidak akan pernah berhenti memohon, memasrahkan diri, dan mengandalkan-Nya. Sehebat atau sebaik atau sesuci apapun, orang seperti ini tidak akan pernah lupa bila Tuhanlah pemberi belas kasih keselamataan itu. Ia akan selalu sadar bahwa sebelum dia mampu melakukan yang baik, yang hebat, dan yang suci, terlebih dahulu Tuhan telah melakukan semua hal itu pada dirinya. Semua karena belas kasih-Nya.

    Saudara-saudari, mari kita juga terus mohon belas kasih-Nya dan dengan begitu terus menjadi pribadi yang rendah hati. Sebab, segala sesuatu yang dapat kita perbuat adalah karena belas kasih-Nya pada kita, bukan semata-mata hasil usaha diri kita sendiri. Semoga Tuhan memberkati kita.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon