01 March 2015

Renungan Hari Selasa 3 Maret 2015

Renungan Hari Selasa 3 Maret 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Selasa 3 Maret 2015

Sedikit Berbicara Banyak Berbuat

    "Emas tetaplah emas meskipun keluar dari mulut anjing". Pepatah ini mau mengatakan bahwa nasihat, ajaran, perkataan yang baik tetaplah baik meskipun berasal dari orang yang tidak baik. Pepatah di atas sejajar dengan istilah yang sering muncul dikalangan umat katolik "jarkoni", iso ngajar ora iso ngelakoni artinya bisa mengajar tidak bisa melakukan. Hal ini sering terjadi dikalangan kita, sehingga muncul penolakan dalam diri kita "ah .. dia saja tidak melakukannya hanya bisa omong saja."

    Injil hari ini berbicara tentang sikap Yesus terhadap ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi. Mereka sangatlah pandai untuk memberi pengajaran namun mereka enggan untuk melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Injil dikatakan: "mereka mengikat beban berat, lalu meletakannya di atas bahu orang lain, namun mereka sendiri tidak melakukannya" (Mat 23:4). Di sini  bisa dilihat tidak ada keselarasan antara perkataan dan perbuatan. Yesus mengingatkan para murid-Nya dan kita semua untuk tidak mencontoh perbuatan orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat. Yesus mengajarkan kepada kita agar mampu menyelaraskan perkataan dan perbuatan. Hal ini sangatlah perlu agar kita tidak jatuh pada kemunafikan.

    Mari bermenung, apakah perkataan saya sudah selaras dengan perbuatan? Ataukah saya hanya mampu mengajar namun enggan untuk melakukannya seperti orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat? Selamat bermenung!

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon