12 March 2015

Renungan Hari Senin 16 Maret 2015

Renungan Hari Senin 16 Maret 2015, Renungan Harian, Santo Katolik
Renungan Hari Senin 16 Maret 2015

Allah Mampu

    Pada Injil hari ini, Yesusu kembali membuat mukjizat. Yesus menyembuhkan anak pegawai istana yang sedang sakit dan hampir mati. Meminta Yesus menyembuhklan berarti percaya kepada Yesus bahwa Dia bisa menyembuhkan anak itu. Saat Yesus berkata, "Pergilah, anakmu hidup," maka pergilah pegawai istana itu. Pegawai istana itu pergi dengan kepercayaan penuh. Hasilnya luar biasa. Anak itu benar-benar sembuh dari sakitnya. Lalu pegawai istana dan seluruh keluarganya menjadi percaya.

    Kalau kita mencermati Injil hari ini, ada dimensi timbal balik antara Allah dengan manusia, antara Yesus dan pegawai istana. Pegawai istana menaruh kepercayaannya kepada Yesus; Yesus menanggapi kepercayaan itu dengan menyembuhkan anak pegawai istana.

    Hidup manusia itu tergantung pada penyelenggaraan Allah. Kalau Allah menghendaki, sesuatu akan terjadi pada manusia. Manusia sukses karena Allah yang membuatnya. Namun saat ini menusia lebih cenderung menanggapi dirinyalah yang menentukan hidupnya sama sekali. "Kalau saya sukses, itu karena kerja keras saya semata." Itulah ungkapan manusia sekarang. Manusia mengagung-agungkan dirinya sendiri dan usahanya. Padahal di balik itu, Allah yang bekerja. Allah yang memampukan manusia untuk mencapai kesuksesan.

    Injil hari ini memperlihatkan kepada kita bahwa manusia tergantung kepada Allah. Saat manusia menyadari ketidakmampuannya dan tidak takut untuk meminta kepada Allah, Allah sendirilah yang akan bekerja untuk memampukannya. Allahlah yang akan berkarya.

Ya Allah, semoga aku menyadari ketidakmampuanku dan mau berpasrah pada-Mu. Amin.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon