19 March 2015

Renungan Hari Senin 23 Maret 2015

Renungan Hari Senin 23 Maret 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Senin 23 Maret 2015


Mengasihilah Seperti Yesus


    Injil hari ini berkisah tentang perempuan yang berzinah. Dalam kisah itu ada dua yang cukup menarik untuk kita renungkan bersama. Yang pertama, perkataan Yesus kepada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melempar batu kepada perempuan itu". Pernyataan Yesus kepada mereka membuat mereka berefleksi diri. Melihat apakah diri merekasungguh tidak lebih berdosa dari perempuan itu? Dalam refleksi itu mereka disadarkan bahwa tidak layak lagi bagi mereka untuk menghukum perempuan itu. Karena kesadaran inilah kemudian mereka larut dalam perasaan yang penuh dengan rasa bersalah. Mereka juga merasa rapuh seperti perempuan itu, yang setiap saat dapat jatuh ke dalam dosa. Sehingga dengan demikian mereka pun enggan untuk mengadilinya.

    Pernyataan ini mendorong saya untuk berefleksi, melihat diri saya secara lebih mendalam: siapakah saya  ini? Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita langsung menghakimi teman atau sahabat yang berbuat salah atau dosa. Seringkali dalam mulut kita terlontar kata-kata yang seharusnya tidak keluar, dan hal ini terus terjadi.

    Kemudian pernyataan kedua ialah: Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang". Yesus pun tidak menghukum perempuan itu, malainkan mengasihinya. Yesus menghendaki kepada perempuanitu agar bertobat menjalani hidup yang baru. Hidup di mana langit dapat terlihat seluruhnya, tanpa ada mendung yang menyelimutinya. Sehingga dengan demikian ia tidak akan lagi dapat jatuh dalam dosa yang sama.

    Kasih Yesus memang sungguh luar biasa, sungguh tulus dan tak bersyarat. Menjadi permenungan bagi kita: Beranikah kita mengasihi seperti Yesus? Mampukah kita melakukannya? Berdoalah maka Yesus sendiri yang empunya kasih akan memapukan kita. Selamat bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon