25 April 2015

Renungan Hari Rabu 29 April 2015

Renungan Hari Rabu 29 April 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Rabu 29 April 2015


Terang


    Hari ini Gereja memperingati Santa Katarina dari Siena. Ia lahir pada tahun 1347 dari keluarga besar namun sederhana. Meskipun dari keluarga besar, Katarina tidak sekolah. Keterampilannya membaca juga sangat sedikit. Namun dari kekurangannya itu Tuhan memanggil dan memilihnya menjadi pembawa terang bagi dunia dan Gereja. Sebuah peristiwa ajaib yang dialaminya menyebabkan perubahan dalam dirinya. Ia melihat Kristus di atas Gereja Santo Dominikus sedang memberkatinya.

    Sejak itulah Katarina rajin berdoa dan ia berkeinginan untuk mengabdikan seluruh hidupnya bagi dunia dan Gereja yang pada waktu itu situasinya sdang kacau-balau: Imam-imam dan pemimpin Gereja tidak menampakan diri dengan baik, bahkan terjadi perang di mana-mana. Kristus menginginkan Katarina membawa terang dalam situasi yang gelap itu. Berkat kharisma yang dimilikinya, ia berhasil mempengaruhi banyak orang. Ia memperbaiki situasi dunia dan Gereja yang kembali membawa orang pada Kristus. Ia berhasil membawa para pendosa ke jalan Tuhan.

    Bacaan Injil hari ini berbicara tentang siapa Yesus, untuk apa Ia datang ke dunia? Lalu apa yang harus kita lakukan? Allah mengutus Yesus ke dunia untuk membawa terang kepada bangsa-bangsa. Agar setiap orang tidak tinggal dalam kegelapan tetapi di dalam terang Kristus. Oleh sebab itu kita diminta untuk percaya kepada-Nya dan mendengarkan perkataan-Nya. Selain itu kita juga diajak untuk membawa terang di dalam keluarga, lingkungan, dan sesama kita. Seperti halnya Santa Katarina yang membawa terang bagi orang-orang yang berada di sekitarnya, mari kita membuka hati untuk menerima terang dari Kristus. Sudahkah aku menjadi terang bagi sesamaku? Mari kita bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon