03 April 2015

Renungan Hari Selasa 7 April 2015

Renungan Hari Selasa 7 April 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Selasa 7 April 2015


Bangkit Bersama Yesus


    Saudara-saudari yang terkasih, masih terekam jelas dalam ingatan kita tentang peristiwa Paskah yang baru saja kita rayakan pada hari Minggu yang lalu. Peristiwa Paskah merupakan peristiwa kebangkitan Yesus dan kemenangan-Nya atas maut. Jika Paskah tidak ada, maka pengorbanan yang dilakukan Yesus di kayu salib menjadi sia-sia. Ada berbagai reaksi mengenai peristiwa kebangkitan Yesus. Salah satunya ialah sikap Maria Magdalena. Ia pergi ke kubur untuk menjenguk Yesus. Namun apa yang ia  dapatkan? Ia tidak menemukan jenazah Yesus di dalam kubur dan mengira bahwa jenazah Yesus telah diambil orang. Dalam kebingungan dan kesedihan yang dialaminya ini, Yesus datang kepada Maria dan memberi kesaksian bahwa Ia telah bangkit. Maria menjadi orang pertama yang menjadi saksi kebangkitan Yesus. Kegembiraan yang dialami oleh Maria ini ia teruskan kepada para Rasul dengan mengabarkan bahwa Yesus telah bangkit. Inilah yang dikisahkan dalam bacaan Injil hari ini.

    Saudara-saudari yang terkasih, seringkali kita melihat banyak peristiwa yang membuat kita merasa pilu atau terenyuh. Misalnya, terjadi kebakaran dan pembunuhan yang ada di sekitar kita. Peristiwa-peristiwa yang terjadi itu mendorong kita untuk exodus (keluar) dari diri sendiri guna menolong sesama yang menderita tersebut. Yesus telah memberi contoh kepada kita bagaimana harusmenolong sesama secara total. Dengan melayani orang lain secara total berarti kita menjadi saksi kebangkitan Yesus di tengah dunia ini. Tugas perutusan ini dapat kita lakukan di komunitas tempat kita tinggal, misalnya di kantor, sekolah, kampus, masyarakat, dan lingkungan kita. Beranikah kita menjadi saksi kebangkitan Yesus dalam kehidupan kita?

Ya Bapa, aku bersyukur karena Engkau sungguh hadir dalam hidupku. Jadikanlah aku saksi kebangkitan-Mu dalam hidupku setiap hari. Amin.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon